Minggu, 19 Mei 2024

Gelar Lomba, Kota Tangerang Cari Motif Batik Khasnya

Kepala Disperindakop M Noor(tangerangnews / rangga)

 
TANGERANG-Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) Kota Tangerang tengah mencari motif batik khas daerah setempat. Pencarian ini diselenggarakan melalui lomba “Desain Motif Khas Kota Tangerang".
 
Menurut Kepala Disperindakop M Noor, lomba ini dibuka untuk umum guna melestarikan budaya batik daerah dan mencari batik yang menjadi ciri khas Kota Tangerang. Ia juga melihat animo masyarakat Kota Tangerang terhadap batik sangat tinggi.

 “Dari dulu batik itu sudah ada, tapi Kota Tangerang sendiri belum memiliki motif batik khas. Karena melihat animo yang begitu tinggi, kita ingin gali juga budaya kita sehingga kita menggelar lomba desain batik Kota Tangerang,” katanya, Rabu (16/11).
 
Selain itu, kata M Noor, pangsa pasar batik di Kota Tangerang cukup potensial sehingga batik khas ini bisa menggerakan perekonomian. “Nantinya kita akan pakai desain yang terilih untuk seragam PNS dan siswa sekolah guna membantu mempromosikanya,” terangnya.
 
M Noor mengatakan, untuk pendaftaran dan penyerahan desain batik ini dimulai 25 Oktober - 25 November 2011. Sedangkan penilaian dan pengumuman pemenang pada 28 November - 01 Desember 2011.
 
“Untuk ketentuannya, motif yang diambil harus berlatar belakang Kota Tangerang mulai dari sejarah, pariwisata, flora dan fauna, kehidupan ekonom, sosial dan budaya masyarakat  dan kondisi geografis,” katanya.
 
Menurut M Noor, dana yang dianggarakan dari APBD untuk lomba ini sekitar Rp 110 juta. Bagi pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang  masing-masing juara I Rp 4 juta, juara II Rp 3 juta dan juara III  Rp 2,5 juta. “Nantinya desain yang terpiih akan dikukuhkan melalui hak paten. Sedangkan berkaitan dengan royalti untuk pemenang, nanti akan kita fikirkan,” terangnya.(RAZ)

Tags