Sabtu, 18 Mei 2024

Dinas Sosial Belum Punya Program Penanggulangan Gepeng

( / )

 
TANGERANG-Keberadaan gelandangan dan pengemis (Gepeng), serta anak jalanan (Anjal) tidak pernah hilang dari Kota Tangerang, meski sudah sering dilakukan penertiban. Sementara Dinas Sosial sejauh ini tidak punya konsep untuk menanggulangi keberadaaan gepeng dan anjal tersebut.
 
Kepala Satpol PP Kota Tangerang Irman Pujahendra mengatakan, pihaknya kerap menertibkan gepeng dua kali dalam seminggu. Penertiban dilakukan dibeberapa titik seperti di tugu Akhlakul Karimah, perempatan Lio Baru, Pasar Anyar dan Pasar Lama.
 
“Bagi mereka yang tertangkap, akan di kirim ke tempat penampungan milik Kementerian Sosial di Pasar Rebo, Jakarta dan Bekasi untuk dibina. Meski sering ditertibkan, Gepeng dan Anjal terus bermunculan,” katanya.
 
Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Erlan Ruslan mengatakan, pihaknya kerap mengirim 20-30 gepeng dan anjal ke tempatpenampungan setiap minggunya. “Di tempat penampungan Kementerian Sosial, gepeng dan anjal hasil peneritban diberikan pembinaan perbengkelan, keterampilan menjahit dan keterampilan lainnya,” katanya.
 
Saat disinggung, apakah Dinas Sosial sendiri akan melakukan pembinaan di Kota Tangerang, baik melalui rumah singgah maupun melalui lembaga lainnya, Erlan mengaku belum direncanakan. Menurutnya, Dinsos harus melakukan kajian terlebih dahulu, soal usulan pembinaan gepeng dan anjal di Kota Tangerang. "Kita belum punya program pembinaan dan mengajarkan keterampilan. Mungkin 2013 mendatang bisa diusulkan," tukasnya.(RAZ)

Tags