Selasa, 21 Mei 2024

Rute Buslane Diperpanjang Hingga Taman Anggrek

Bus Lane mulai beroperasi.(tangerangnews / dira)


Reporter : Rangga A Zuliansyah  

TANGERANG-Dinas Perhubungan Kota Tangerang bekerjasama dengan Dinas Perhubuangan DKI Jakarta akan memperpanjang rute transportasi Buslane dari Teminal Kalideres hingga Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, pada tahun ini. Penambahan jalur tersebut untuk melayani penumpang yang diklaim terus mengalami peningkatan.
 
Sekertaris Dinas Perhubuangan Kota Tangerang Facthulhadi mengatakan, sejak bulan Juni 2012, pertumbuhan penumpang buslane meningkat 10-15 persen tiap bulannya. Tercatat pada bulan Juni rata-rata ada sebanyak 362 penumpang/ hari, saat bulan Oktober jumlah penumpang meningkat, rata-rata  menjadi 428 orang/hari.
 
"Dengan meningkatnya penumpang ini, kita akan mengembangkan sarana transportasi buslane untuk bisa melayani masyarakat, yakni dengan meperpanjang jalur sampai ke Jakarta,” ujarnya Rabu (14/11).
 
Facthulhadi  menambahkan, pihaknya sudah sudah berkoordinasi dengan Disub DKI Jakarta terkait penambahan jalur tersebut.  Hal tersebut mendapat tangapan positif. “DKI meminta ke kita untuk mempercepat pelaksanaannya. Saat ini sedang kita kebut persiapannya,” katanya.
 
Untuk mendukung perpanjangan jalur, kata Facthulhadi, Dishub juga akan menambah aramada buslane sekiar 5-10 unit. Saat ini, baru ada 10 unit buslane yang beroperasi.
 
Hal itu dibenarkan Kepala Dishub Kota Tangerang Ivan Yudianto. Menurutnya,  Dishub sedang menyiapkan infrastruktur dan rambu-rambu jalur mulai Terminal Poris Plawad hingga Mall Taman Anggrek. Namun, dengan bertambahnya jalur, harga tiket Busline akan dinaikkan dari Rp 3000 menjadi Rp 6000.
 
“Nantinya, warga Kota Tangerang yang hendak menuju Jakarta, hanya sekali membayar tiket di Terminal Poris Plawad, lalu langsung menyambung naik busway di Terminal Kalideres. Tanpa perlu bayar lagi,” ujarnya.
 
 
Tags