Rabu, 15 Mei 2024

Dewan Minta Permkot Fokus ke Pencegahan Penyakit

Anggota Komisi III DPRD Kota Tangerang Muliawan Gani.(tangerangnews / dira)

TANGERANG-DPRD Kota Tangerang mengusulkan agar Pemkot Tangerang bisa memfokuskan program wajib sehat bagi masyarakat Kota Tangerang yang ini lebih fokus ke arah pencegahan atau preventif.

Muliawan Gani, Anggota Komisi III DPRD Kota Tangerang mengatakan, saat ini pelayanan kesehatan berupa pengobatan telah dijamin secara gratis oleh Pemkot Tangerang. Dianggarkan sedikitnya Rp 100 miliar per tahun untuk pembiayaannya.

"Namun ke depan sebaiknya Pemkot Tangerang mulai pula memfokuskan upaya-upaya pencegahan penyakit. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati," katanya, Selasa (9/4).

Misalnya saja pemaksimalan keberadaan gedung posyandu sebagai pembinaan kesehatan balita. "Berikan pembinaan dan bantuan anggaran yang cukup agar semua balita sehat sejak dini sehingga tidak rentan penyakit hingga dewasa nanti," ujarnya.

Kemudian bagi yang dewasa, kata Gani, mungkin dengan melakukan program-program penyuluhan dan berbagai program lain agar masyarakat terbiasa hidup sehat. "Sebagai lanjutan program kesehatan yang sudah ada," paparnya.(RAZ)
Tags