Sabtu, 18 Mei 2024

Duh, Tunjangan sertifikasi guru swasta belum cair

Ilustrasi.(tangerangnews / tangerangnews)


TANGERANG
-Tunjangan sertifikasi guru swasta belun diberikan selama enam bulan terakhir. Sejumlah guru, berharap pemerintah bisa mencairkan secepatnya.
    "Dari awal tahun ini, kami baru dibayar tiga kali. Seharusnya sembilan kali," Kata Purnomo salah satu guru sekolah swasta di Kota Tangsel, Selasa (2/10).
 
 Menurut Purnomo, keterlambatan cairnya dana tunjangan sertifikasi itu, karena ada mekanisme atau aturan penurunan dana dari menteri keuangan yang baru. "Kabarnya karena ganti menteri, maka ada perubahan mekanisme," lanjutnya.

    Tunjangan sertifikasi guru sekolah swasta, jumlahnya disesuaikan dengan upah bulanan yang diterima guru. Dalam satu bulan, rata-rata guru swasta menerima upah sebanyak Rp 1,5 -Rp3 Juta.
"Kami harap tunjangan itu secepatnya dicairkan. Sebab dari uang itu dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.
    Begitu juga dikatakan guru sekolah swasta lainya, Desi. Menurutnya, dengan belum diberikannya tunjangan sertifikasi itu, untuk pembayaran sekolah anaknya jadi tertunda. "Tadinya saya berharap uang itu bisa untuk bayar sekolah anak, karena gaji bulanan saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi nyatanya begini. Jadi saya harus pintar-pintar menyisihkan uang buat bayaran sekolah," kata ibu yang mengaku anaknya sekolah di SMP Negeri 9 Kota Tangsel itu.
 

Tags