Sabtu, 4 Mei 2024

Kebakaran di Sumatera & Kalimantan, Puluhan Jadwal Penerbangan di Bandara Cengkareng Terganggu

Zulfahmi(Dira Derby / Tangerangnews)

TANGERANG-Puluhan jadwal penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Cengkareng), Tangerang pada Selasa (1/9) terganggu akibat kabut asap yang muncul karena kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimatan.

 

Adapun jadwal penerbangan yang terganggu diantaranya adalah rute tujuan Palembang, Pekanbaru, Jambi dan Pontianak. Wilayah-wilayah tersebut jadwal penerbangannya mengalami keterlambatan atau delay  mulai dari 30 menit hingga tiga jam.

 

“Jarak pandang yang dibutuhkan dibawah standar minimal, ini jelas membahayakan. Hari ini saja ada 17 penerbangan yang delay hingga tiga jam, sejak kemarin ya sudah puluhan,” terang Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Zulfahmi, Selasa (1/9).

 

  Berdasarkan data airport duty manager,PT Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta maskapai yang mengalami keterlambatan antara lain Garuda Indonesia, Lion Air,  Citylink dan Sriwijaya Air.  

“Jarak pandang ideal buat pilot dibutuhkan minimal 1.500 meter jntuk pesawat yang akan melakukan pendaratan dan take off,” tuturnya.

 

Tags Bandara Soekarno-Hatta Bandara Soetta Terbakar