Rabu, 15 Mei 2024

Bupati Tangerang Instruksikan OPD Antisipasi Kekeringan Dampak El Nino

Ilustrasi kekeringan.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengantisipasi bencana kekeringan pada musim kemarau berkepanjangan akibat fenomena El Nino. 

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat atas kemungkinan timbulnya bencana.

"Kita siapkan cadangan air bersih, yang bersumber dari aliran Sungai Cisadane sebagai air bakunya. Ini tentu akan berpengaruh dari ketersediaan airnya," kata dia, Selasa, 15 Agustus 2023.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat menyebut pihaknya kini mulai memetakan wilayah rawan kekeringan akibat kemarau panjang sebagai dampak El Nino. 

Langkah ini dilakukan untuk mempermudah dalam menangani dan antisipasi kekeringan.

"Dalam hal ini kita sudah memetakan beberapa wilayah, khususnya di wilayah utara Tangerang. Karena di sana meski banyak anak sungai tapi sering terjadi kekeringan," ucapnya. 

Adapun untuk wilayah utara Tangerang yang telah masuk dalam pemetaan terdampak El Nino itu, di antaranya seperti di Kecamatan Teluknaga, Kronjo, Pakuhaji, Kosambi, Gunung Kaler, Kresek dan Rajeg. 

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dan komunikasi bersama dengan instansi terkait seperti Perkim, PMI, DPKP, PDAM dan lain sebagainya. 

"Karena beberapa instansi ini punya kapasitas dalam tanggung jawab dalam membantu warga atas adanya musim kemarau panjang," pungkas Ujat.

Tags Ahmed Zaki Iskandar Berita Kabupaten Tangerang BPBD Kabupaten Tangerang Bupati Tangerang Kabupaten Tangerang Musim Kemarau Tangerang Tangerang Kekeringan