Minggu, 12 Mei 2024

Coldplay Sumbang Perahu Pembersih Sampah untuk Sungai Cisadane Tangerang

Perahu pembersih sampah Neon Moon II dari The Ocean Cleanup yang disumbangkan oleh Coldplay.(@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Grup musik Coldplay menyumbangkan satu unit perahu pembersih sampah hasil kerja sama dengan The Ocean Cleanup untuk Sungai Cisadane Tangerang.

Seperti diketahui, Coldplay baru saja menggelar konser tur dunia bertajuk Music of The Spheres di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Rabu, 15 November 2023.

Dalam laman resminya, The Ocean Cleanup menyatakan Coldplay telah menjalin kerja sama dengan pihaknya sejak 2018 silam.

Chris Martin Cs ini juga turut mendanai perahu pembersih sampah bernama Neon Moon I di sungai Klang, Malaysia.

Hasilnya, sebanyak 1 juta kilogram sampah dari sungai Klang berhasil dicegah mencapai lautan.

Kini, perahu pembersih sampah untuk Sungai Cisadane, Tangerang bernama Interceptor 020 atau Neon Moon II berwarna biru putih tengah dalam proses perakitan.

Sekilas, bentuk dari Neon Moon II mirip dengan perahu wisata milik Kota Tangerang yang biasa bersandar di Jembatan Merah, Jalan Perguruan Budhi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, namun dengan sentuhan yang lebih modern.

Pendiri dan CEO The Ocean Cleanup Boyan Slat mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Coldplay, sehingga proyek pembersihan sampah-sampah plastik di Sungai Cisadane dapat segera terlaksana.

"Kami menyampaikan terima kasih besar kepada Coldplay atas bantuannya, dan kami tak sabar untuk melihat Neon Moon II beraksi dan segera membersihkan limbah," katanya.

Tags Coldplay Konser Coldplay Limbah Sampah Tangerang Proyek Sampah Sampah Kota Tangerang Sampah Tangerang Sungai Cisadane