Sabtu, 11 Mei 2024

Kolaborasi dengan UPH, DOKU Ajari Mahasiswa Jadi Entrepreneur

(Kiri) CEO DOKU Chris Yeo, (Tengah) Rektor UPH Jonathan L Parapak dan (Kanan) Wakil Rektor Bidang Pemasaran dan Pengembangan UPH Binsar Pandiangan, Rabu 14 Juni 2023.(@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-DOKU, perusahaan penyedia sistem pembayaran berbasis teknologi berkolaborasi dengan Universitas Pelita Harapan (UPH), untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada mahasiswa agar menjadi entrepreneur.

CEO DOKU Chris Yeo mengatakan kerjasama ini sebagai upaya mendukung program Kampus Merdeka yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), untuk memberi kesempatan kepada para mahasiswa merasakan pengalaman di dunia kerja, baik lewat magang maupun berwirausaha.

"DOKU akan menjadi mentor untuk share pengetahuan soal teknologi pembayaran, yang mendukung gerakan kewirausahaan di UPH. Selain itu, membuka peluang bagi mahasiswa untuk magang di DOKU," jelasnya di Kampus UPH, Lippo Village Karawaci, Kabupaten Tangerang, Rabu 14 Juni 2023. 

Menurut Chris, nantinya DOKU akan membantu memberi pendampingan bagi mahasiswa yang memulai bisnis rintisan, agar bisa berkembang lewat program Juragan DOKU. 

Program ini khusus dirancang bagi entrepreneur modern seperti social sellers, agar dapat langsung menerapkan ilmu yang diberikan tanpa harus paham teknik yang mendalam.

"Misalnya mau jualan lewat Instagram, kita ajari penjual yang punya banyak produk gunakan e-catalog, bertransaksi dan menerima pembayaran pakai QRIS atau DOKU, serta terintegrasi langsung dengan logistik," jelasnya.

Sementara itu, Rektor UPH Jonathan L Parapak menjelaskan untuk saat ini, program tersebut baru hanya untuk Fakultas Bisnis. Namun tidak tertutup kemungkinan dibuka untuk fakultas lain.

UPH memang mewajibkan mahasiswanya mengikuti magang di berbagai perusahaan sebagai syarat kelulusan.

"Hal ini juga sebagai promosi bagi mahasiswa agar dapat mudah diterima kerja, bahkan sebelum mereka lulus," jelasnya.

Pihaknya pun menyambut baik kehadiran DOKU sebagai mitra teknologi UPH.

Dengan semangat mendorong implementasi nyata dari ilmu kewirausahaan dalam dunia kerja untuk mahasiswa dan alumni UPH, pihaknya percaya kolaborasi ini akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak.

"Kami berharap kerjasama ini akan memberi manfaat yang besar bagi perkembangan kewirausahaan dan pendidikan di Indonesia," ujarnya.

Tags Berita Kabupaten Tangerang DOKU Kabupaten Tangerang Mahasiswa Tangerang Pendidikan Tangerang Universitas Pelita Harapan UPH