Minggu, 5 Mei 2024

DKP Tangerang Bangun Green House di TPA Rawa Kucing

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang membuat Green House di TPA Rawa Kucing. Minggu (22/3/2015). (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang membuat Green House di TPA Rawa Kucing dengan menanam berbagai jenis pohon yang berasal dari Sabang sampai Marauke. Green House ini, akan menjadi tempat edukasi masyarakat dan pelajar tentang pengolahan sampah.

 

Kepala DKP Kota Tangerang Ivan Yudhianto mengatakan, Green House dengan luas 30x10 meter tersebut dibuat dari bambu dan paranet yang memanfaatkan barang - barang bekas yang ada di TPA Rawa Kucing. Meski hanya menggunakan anggaran swadaya dan bahan di TPA, tetapi Green House dibuat cukup modern.

 

 “Sebagai langkah awal, Green House akan diisi dengan bibit pohon peredu, peneduh dan buah yang nantinya bisa digunakan untuk mengisi taman - taman di Kota Tangerang,” katanya, Minggu (22/3).

 

Sementara itu, Sekretaris DKP Kota Tangerang Sugiharto Ahmad Bagdja mengatakan, ditengah area Green House pun disediakan area untuk tempat diskusi bagi masyarakat atau pelajar. "Karena Green House ini pun sebagai tempat edukasi tentang pengolahan sampah dan lainnya,” ujarnya.

 

Kepala TPA Rawakucing Marsan menambahkan, pemeliharaan bibit tanaman di Green House akan memanfaatkan kolam air seluas 1.500 meter persegi yang sudah mengeluarkan air bersih sejak dari dulu sebagai mata air. Disamping kolam juga di gunakan sebagai tempat pencucian armada yang telah membuang sampah ke landfil sebelum keluar akan dilakukan penyemprotan.

 

“Jadi, sekarang TPA Rawakucing sudah dilengkapi lapangan bola, kolam ikan dan sekarang green house. Semuanya berada di atas tumpukan sampah," jelasnya.

Tags Arief R Wismansyah