Rabu, 15 Mei 2024

Bendungan Pintu Air 10 Jebol, Tangerang Terancam Kekeringan

Pemasangan stockblock untuk menutup Bendungan Pintu Air 10 Kota Tangerang yang jebol, Minggu 23 Juli 2023.(@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Bendungan Pintu Air 10 di Jalan Sangego Raya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang kondisinya jebol terancam membuat wilayah Tangerang Raya kekeringan, lantaran tidak dapat menampung stok air baku dari Sungai Cisadane.

Berdasarkan informasi, kerusakan terjadi pada empat pintu bendungan sejak 4 bulan lalu. Namun, dampak yang signifikan baru dirasakan dua hari belakangan, dimana membuat produksi air bersih di Perumda Tirta Benteng (TB) berkurang hingga 40%.

Atas kondisi ini, Perumda TB telah mengumumkan agar warga berjaga-jaga dengan mengisi penampungan air cadangan.

Diketahui, bendungan peninggalan zaman Belanda yang dibangun pada 1927 tersebut, merupakan aset milik Kementerian PUPR di bawah kendali Balai Besar Wilayah Sungai Cisadane-Ciliwung (BBWSCC) dan dioperasionalkan oleh Dinas PUPR Provinsi Banten.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah telah meminta kepada BBWSCC selaku pengelola Pintu Air 10 untuk segera melakukan perbaikan.

Sampai saat ini, BBWSCC telah mengambil langkah sementara dengan melakukan stockblock menutup pintu air yang jebol.

Tags Air Bersih Tangerang Berita Kota Tangerang Kota Tangerang Pintu Air 10 Pintu Air 10 Tangerang Sungai Cisadane Tangerang Kekeringan