Jumat, 17 Mei 2024

Tekan Pencemaran Udara, ASN Pemkot Tangerang Diimbau Berangkat Kerja Naik Sepeda

Sejumlah ASN Pemkot Tangerang berangkat kerja dengan sepeda, Jumat 18 Agustus 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Di tengah isu memburuknya kualitas udara disejumlah daerah di Indonesia, termasuk Kota Tangerang, pemerintah daerah setempat mengimbau para aparatur sipil negara (ASN), untuk ikut mereduksi pencemaran udara dengan bersepeda atau menumpang (nebengers).

Imbauan ini pun mulai dijalankan pada Jumat, 18 Agustus 2023. Pada pagi hari, terlihat sejumlah pegawai datang menggunakan sepeda, berjalan kaki atau menggunakan kendaraan umum.

Tidak tak para pegawai sedikit saling menumpang empat hingga enam orang dalam satu mobil. 

Salah satunya, terlihat di DPMPTSP, di mana hampir 30 pegawai menggunakan sepeda dan puluhan pegawai lainnya menerapkan Nebengers.

"Isu buruknya kualitas udara saat ini adalah tanggungjawab kita bersama. Dengan itu, atensinya kuat untuk pegawai DPMPTSP terapkan, dan Alhamdulillah pegawai pun menyambut dengan antusias," ungkap Taufik Syahzaeni, Kepala DPMPTSP, yang turut mengendarai sepeda ke kantor. 

Taufik melihat antusias pegawai dan pentingnya ikut turun tangan mereduksi pencemaran udara. Bike to work atau nebengers tak menutup kemungkinan akan diterapkan secara berkala setiap hari Jumat. 

"Di samping itu, urusan ramah lingkungan DPMPTSP juga telah menerapkan paperless dalam pengurusan dan pelayanan online melalui SIMBG, Lintasan, dan OSS. Kami pun mengimbau, seluruh pemohon untuk menggunakan layanan online atau ke MPP dengan kendaraan umum," katanya. 

Sementara itu, di sejumlah wilayah seperti Kecamatan dan Kelurahan juga turut menerapkan bike to work dan nebengers. Bahkan banyak pegawai kelurahan yang berjalan kaki ke kantor.

Seperti, sejumlah pegawai Kelurahan Kunciran Indah di Kecamatan Pinang yang kurang lebih berjalan sejauh 2,5 kilometer dari rumah ke kantor. 

"Biasanya hari Jumat memang menjadi hari berolahraga para pegawai, namun dengan imbauan naik sepeda atau angkutan umum ke kantor ini, kita jadi lebih bersemangat dan pilihan kami hari ini adalah berjalan kaki," jelas Dita Subrata, Sekretaris Kelurahan Kunciran Indah.

Tags ASN Berita Kota Tangerang Kota Tangerang PNS Tangerang Polusi Udara Udara Tidak Sehat