Connect With Us

Parah, Tangsel Jadi Kota Paling Berpolusi Nomor 2 Se-Indonesia Setelah Pasar Kemis

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 25 Juli 2023 | 13:54

Ilustrasi udara buruk (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Kualitas udara di Tangerang Selatan saat ini mengalami penurunan yang signifikan dengan mencapai tingkat "Tidak Sehat" berdasarkan Indeks Kualitas Udara (AQI) sebesar 170. Data tersebut menunjukkan adanya polutan utama berupa Particulate Matter 2.5 (PM2.5) dengan konsentrasi 91.5µg/m³.

PM2.5 merupakan partikel kecil dan berbahaya yang dapat masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan, iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, serta berkontribusi terhadap masalah kesehatan jangka panjang seperti penyakit jantung dan paru-paru.

Berdasarkan laporan perusahaan teknologi kualitas udara dari Swiss, IQAir pada Selasa, 25 Juli 2023, Tangerang Selatan menempati peringkat kedua dalam daftar kota Indonesia dengan AQI tertinggi, setelah Pasarkemis, Jawa Barat.

Dilansir dari World Health Organization (WHO), konsentrasi PM2.5 di Tangerang Selatan saat ini mencapai 18.3 kali lebih tinggi dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang direkomendasikan, menandakan tingkat polusi udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Dalam menghadapi kondisi udara yang tidak sehat, berikut adalah beberapa rekomendasi kesehatan yang dapat diikuti oleh masyarakat Tangerang Selatan:

1. Kenakan masker di luar: Penggunaan masker wajah dapat membantu mengurangi paparan terhadap partikel berbahaya yang ada di udara.

2. Nyalakan penyaring udara: Penggunaan pemurni udara (air purifier) di dalam ruangan dapat membantu menyaring partikel berbahaya dan menjaga kualitas udara di dalam rumah tetap bersih.

Baca Juga: Tingkat Polusi Udara Kota Tangerang Tidak Sehat Versi IQAir

3. Tutup jendela: Untuk menghindari udara luar yang kotor, disarankan untuk menutup jendela rumah saat kualitas udara di luar sedang buruk.

4. Hindari aktivitas outdoor: Mengurangi atau menghindari aktivitas di luar ruangan saat kualitas udara buruk dapat membantu melindungi kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan.

Data kualitas udara tersebut diambil dari dua stasiun yang dioperasikan oleh dua kontributor di Tangerang Selatan. Informasi mengenai kualitas udara di kota ini dapat diakses melalui peta IQAir yang memberikan informasi waktu nyata tentang polusi udara di berbagai lokasi.

Selain masalah kualitas udara, kondisi cuaca di Tangerang Selatan pada hari ini menunjukkan cuaca berkabut dengan suhu mencapai 33°C dan kelembapan sebesar 69%. Angin berhembus dengan kecepatan 7.4 km/jam dan tekanan atmosfer mencapai 1010 mbar. Sementara itu, Jakarta, ibu kota Indonesia, berada pada peringkat ketiga dengan AQI sebesar 169.

Baca Juga: Pasar Kemis Jadi Wilayah dengan Kualitas Udara Terburuk Sepanjang 2022 Versi IQAir

Berikut adalah peringkat kota-kota lainnya di Indonesia berdasarkan tingkat AQI pada Selasa, 25 Juli 2023:

  1. Pasarkemis, Jawa Barat - 171
  2. Tangerang Selatan, Provinsi Banten - 170
  3. Jakarta, Jakarta - 169
  4. Cileungsir, Jawa Barat - 166
  5. Kota Bandung, Jawa Barat - 159
  6. Kota Semarang, Jawa Tengah - 159
  7. DI Yogyakarta, Yogyakarta - 155
  8. Kota Bekasi, Jawa Barat - 146
  9. Kabupaten Serang, Provinsi Banten - 117
  10. Kota Surabaya, Jawa Timur - 96
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill