Jumat, 17 Mei 2024

Dinkes Kabupaten Tangerang Beri Langkah Antisipasi DBD di Musim Hujan

Ilustrasi DBD.(Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Memasuki musim penghujan biasanya seiring dengan meningkatnya penyakit demam berdarah dengue (DBD). Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang meminta masyarakat aga menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

Kepala Dinas Kesehatan dr. Achmad Muchlis, MARS mengatakan, di musim hujan seperti saat ini tampungan air alami dari barang bekas atau wadah lainnya di sekeliling tempat tinggal dapat menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk DBD.

"Jadi, PHBS menjadi salah satu antisipasi agar tubuh kita tetap sehat," ujarnya pada Jumat, 5 Januari 2024.

Lebih lanjut, selain PHBS masyarakat juga diminta menerapkan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik), yakni setiap rumah dapat memeriksa tempat-tempat berpotensi menjadi sarang nyamuk secara mandiri tanpa harus menunggu kader atau petugas yang datang.

Selain itu, penting juga untuk mengoptimalkan pemberantas sarang nyamuk (PSN) melalui 3M plus, seperti menguras, menutup tempat penampungan air, serta mendaur ulang barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. 

"Sedangkan plus yang dimaksud yaitu menggunakan lotion penolak nyamuk, menanam tanaman penolak nyamuk di sekitar rumah, serta memelihara ikan pemakan jentik di kolam. Dengan cara itu kita bisa terhindar dari penyakit Demam Berdarah," pungkasnya.

Tags DBD Dinkes Kabupaten Tangerang Kesehatan Tangerang Penyakit Berbahaya Tips Kesehatan