Connect With Us

Waspada DBD Mengganas Dampak Fenomena El Nino, Dinkes Kota Tangerang Beri Tips

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 23 Agustus 2023 | 09:42

Pemeriksaan jentik nyamuk, ke rumah-rumah warga sekitaran rumah pasien mengantisipasi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Kota Tangerang, Selasa 26 Oktober 2021. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com- Indonesia saat ini menghadapi fenomena cuaca yang cukup menantang, yaitu El Nino. Salah satu dampak nyata dari El Nino adalah peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Ini terjadi karena nyamuk pembawa DBD menjadi lebih aktif berkembang biak dalam suhu yang lebih hangat. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan memberikan serangkaian tips dan imbauan kepada masyarakat untuk membantu mengatasi ancaman DBD selama fenomena El Nino.

1. Menjaga Kebersihan Tempat Penampungan Air

Satu langkah utama dalam pencegahan DBD adalah menguras atau membersihkan tempat penampungan air secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Ini akan membantu menghilangkan telur-telur nyamuk pembawa DBD yang mungkin ada di sana. Pastikan juga untuk menutup erat semua wadah penampungan air, termasuk sumur atau lubang di pohon besar.

2. Mendaur Ulang Barang Bekas

Menggunakan barang bekas yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk, seperti kaleng, botol, bambu, atau ban bekas, dapat meningkatkan risiko DBD. Oleh karena itu, penting untuk mendaur ulang barang-barang ini dengan benar atau menghindari menumpuknya di sekitar rumah.

"Lakukan daur ulang atau manfaatkan barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk seperti kaleng, botol, bambu, ban bekas dan semacamnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni dikutip pada Rabu, 23 Agustus 2023.

3. Pemakaian Lotion Anti Nyamuk dan Kelambu

Melindungi diri dari gigitan nyamuk adalah langkah penting dalam pencegahan DBD. Gunakan lotion anti nyamuk ketika berada di luar, dan pastikan kamar tidur dilengkapi dengan kelambu untuk tidur malam yang nyaman dan aman.

"Jangan lupa untuk memantau tempat bertelurnya nyamuk seperti bak mandi, atau tempat-tempat penampungan air hujan lainnya," imbuh Dini.

4. Pakaian Tertutup, Terutama untuk Anak-Anak

Menggunakan pakaian yang menutupi tubuh, terutama bagi anak-anak, adalah cara efektif untuk menghindari gigitan nyamuk. Ini akan membantu melindungi mereka dari risiko DBD.

"Pastikan juga memakai lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, dan pastikan menggunakan pakaian tertutup terutama untuk anak-anak," lanjutnya.

5. Segera Cari Bantuan Medis Jika Ada Gejala

Jika Anda atau anggota keluarga mengalami gejala DBD, seperti demam yang naik turun dan munculnya bintik-bintik merah pada kulit, segera cari bantuan medis. Penanganan dini sangat penting dalam mengatasi DBD.

6. Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, adalah menjalani Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ini mencakup menjaga kebersihan pribadi, rumah, dan lingkungan sekitar. Pastikan juga untuk menjaga pola makan yang seimbang dan aktif berolahraga sesuai kebutuhan.

Masyarakat Kota Tangerang diharapkan dapat bersama-sama mengambil langkah-langkah ini untuk melindungi diri mereka sendiri dan anggota keluarga dari ancaman DBD selama periode El Nino. Dengan tindakan yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan dan mengurangi risiko DBD serta penyakit lainnya.

KOTA TANGERANG
Tinjau Tempat Relokasi, Pj Wali Kota Tangerang Minta BUMD All Out Dukung Revitalisasi Pasar Anyar

Tinjau Tempat Relokasi, Pj Wali Kota Tangerang Minta BUMD All Out Dukung Revitalisasi Pasar Anyar

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:43

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin meninjau tempat relokasi sementara pedagang Pasar Anyar, Selasa, 27 Februari 2024.

BISNIS
4.040 Sepatu Merk Dorks Asli Kabupaten Tangerang Diekspor ke Pasar Internasional

4.040 Sepatu Merk Dorks Asli Kabupaten Tangerang Diekspor ke Pasar Internasional

Selasa, 27 Februari 2024 | 16:50

Sebanyak 4.040 pasang sepatu merek Dorks dari CV Triguna Mitra Abadi Kabupaten Tangerang diekspor ke Senegal, Afrika Barat.

BANTEN
Tersedia Kuota 1.710 Orang, Cek Syarat dan Jadwal Mudik Gratis Banten 2024

Tersedia Kuota 1.710 Orang, Cek Syarat dan Jadwal Mudik Gratis Banten 2024

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:48

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Perhubungan (Dishub) kembali menyediakan Mudik Gratis Lebaran 1444 Hijriah/2024. Program ini terbuka untuk seluruh masyarakat Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill