Selasa, 14 Mei 2024

Antisipasi PMK, Ribuan Sapi di Tangerang Divaksin

Sapi di salah satu peternakan yang berlokasi di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari,Kota Tangerang, Selasa, 03 Oktober 2023(@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 1.218 ekor sapi di Kota Tangerang mendapatkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang.

Hal ini dilakukan lantaran kasus hewan ternak yang terpapar PMK di Indoensia mengalami peningkatan signifikan sejak 2022, lalu.

Kepala DKP Muhdorun mengatakan, vaksinasi PMK ini dilakukan di 19 Kelurahan dan sembilan kecamatan di Kota Tangerang. Menurutnya, setelah dilakukan pemeriksaan sapi-sapi di Kota Tangerang masih tergolong aman dari PMK.

"PMK ini harus terus diwaspadai dan dilakukan pemantauan. Salah satu cara untuk mengantisipasi penularan PMK pada sapi di Kota Tangerang adalah dengan melakukan vaksinasi," ujarnya, Selasa, 03 Oktober 2023. 

Pihaknya juga baru saja melakukan vaksinasi PMK untuk 28 ekor sapi di salah satu peternakan di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

"Vaksinasi akan terus digalakkan kepada peternak sapi di Kota Tangerang," tegasnya.

Muhdorun mengimbau agar para peternak segera melakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak miliknya. Ia pun menyarankan untuk mengisolasi hewan ternak yang terindikasi terpapar PMK.

Dikatakan Muhdorun, isolasi tersebut guna mencegar penyebaran PMK ke hewan-hewan lainnya yang masih sehat. Untuk itu, peternak diminta segera melapor ke DKP agar mendapat tindakan lebih lanjut dari petugas.

"Mengisolasi atau memisahkan hewan yang terpapar PMK merupakan hal pertama yang harus dilakukan agar tidak terjadi penyebaran penyakit kepada hewan-hewan lainnya. Selanjutnya, hubungi DKP Kota Tangerang agar sapi yang terkena PMK dapat segera ditangani oleh petugas," pungkasnya.

Tags Dinas Ketahanan Pangan Hewan Ternak Kesehatan Hewan Ternak Tangerang Penyakit Hewan Ternak Tangerang