Sabtu, 18 Mei 2024

BIN Beberkan Ada Joki Karantina Gantikan Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Ilustrasi COVID-19 Karantina.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Badan Intelijen Negara (BIN) membeberkan adanya kecurangan yang dilakukan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ketika masuk ke wilayah Indonesia, dimana mereka menggunakan pemain pengganti atau joki saat wajib karantina.

"Dari hasil survailance di lapangan, perlu saya informasikan bahwa masih banyak faktanya pelanggaran yang menunjukkan masih tidak disiplin dan tidak tertib dalam melaksanakan karantina. Masih banyak pemain pengganti," kata Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, seeprti dilansir dari Sindonews, Kamis 6 Januari 2021.

Selain joki, pelanggaran lainnya yakni mereka yang dikarantina kerap berinteraksi dengan pihak luar. Bahkan, ada upaya untuk membujuk petugas agar para PPLN melakukan karantina secara mandiri di rumahnya masing-masing.

#GOOGLE_ADS#

"Ada interaksi terjadi karena para penjual makanan, ojol (ojek online), maupun saudara atau teman-teman datang ke tempat karantina. Termasuk upaya untuk negosiasi membujuk para petugas bisa karantina mandiri di rumah," ujar Budi.

Budi memastikan, BIN juga ikut melakukan pengawasan di pintu masuk wilayah Indonesia, guna mencegah penyebaran varian baru Covid-19.

Tags Berita Nasional Corona Tangerang Covid-19 Nasional