Kamis, 9 Mei 2024

7 Juta Wisatawan Kunjungi Kota Tangerang, Ini Sebabnya 

Floating Market Situ Cipondoh, Kota Tangeran.(@TangerangNews / Instagram @_romisyahrial_)

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 7.573.807 jiwa wisatawan mengunjungi Kota Tangerang dalam periode Januari hingga akhir Juli 2023 pasca pandemi Covid-19.

Jumlah tersebut meliputi tamu hotel nusantara 665.686 jiwa, tamu hotel mancanegara 134.942 jiwa, dan wisatawan ke obyek wisata 6.773.179 jiwa.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh mengatakan, banyaknya jumlah wisatawan tak luput dari keberadaan Bandara Soekarno-Hatta dan puluhan hotel dengan beragam konsep penawaran di wilayah Kota Tangerang.

Belum lagi karena adanya 17 taman tematik yang tak pernah sepi pengunjung, hingga primadona wisata kuliner seperti Pasar Lama.

"Sedangkan faktor-faktor lainnya, terbanyak memang dalam kunjungan obyek wisata. Seperti Situ Cipondoh, Wisata Kano, Kolam Renang, Karaoke hingga pusat perbelanjaan seperti Tangcity Mall. Tak terkecuali sejumlah Festival yang sempat digelar Pemkot Tangerang," ungkap Rizal, Selasa, 29 Agustus 2023.

Dikatakan Rizal, jumlah wisatawan cukup berpengaruh pada tingginya angka okupansi hotel dan restoran, yang turut memberi andil dalam meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sektor pajak.

"Salah satu tingginya okupansi hotel di Kota Tangerang juga disebabkan dengan kembali diizinkannya umrah ke tanah suci. Bedasarkan data yang kami punya angka hunian hotel di sekitar bandara cukup tinggi," jelasnya.

Meski Kota Tangerang hanya dijadikan area persinggahan atau transit, Rizal menyebut hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi destinasi wisata dengan getol mempromosikannya.

"Makanya kami banyak menjalin kerjasama agar setiap tamu atau wisatawan yang singgah mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang baik, saat bertandang ke Kota Tangerang. Semoga kemajuan kunjungan wisatawan ini dapat terus meningkat untuk kemajuan Kota Tangerang," pungkasnya.

Tags Berita Wisata Destinasi Wisata Kota Tangerang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rekomendasi Tempat Wisata Wisata Wisata Tangerang