Connect With Us

Libur Idul Adha 2023 Tiga Hari, Yuk Berkunjung ke Rekomendasi 5 Tempat Wisata Religi di Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 21 Juni 2023 | 15:27

Al Mahmudah Manasik Training Center (AMTC) merupakan salah satu masjid yang terdapat tempat untuk latihan manasik haji dan umrah yang berlokasi di Lubana Sengkol, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. (@TangerangNews / Anisa Dewi Apriliani)

TANGERANGNEWS.com- Pemerintah resmi menetapkan libur Idul Adha akan berlangsung selama tiga hari yakni mulai 28, 29, dan 30 Juni 2023.

Perubahan penetapan tanggal libur dan cuti bersama Idul Adha tersebut seperti yang tercantum dalam Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri Nomor 2 dan 624 Tahun 2023. 

Oleh sebab itu, pekan depan akan menjadi libur cukup panjang dengan total lima hari lantaran ditambah dengan akhir pekan Sabtu dan Minggu.

Memanfaatkan momen libur panjang yang bertepatan dengan hari besar keagamaan, destinasi wisata religi kian diburu oleh para pengunjung.

Pasalnya selain menyegarkan tubuh, wisata religi dipercaya dapat menjadi salah satu penyejuk jiwa terutama sembari merayakan hari Raya Idul Adha bersama keluarga. 

Terdapat banyak wisata religi yang cocok untuk dikunjungi, termasuk di Tangerang. Berikut lima rekomendasi tempat wisata religi yang ada di Tangerang.

Masjid Pintu Seribu

Bangunan bersejarah dengan ciri khas bangunan artistik kuno ini sebenarnya bernama asli Masjid Agung Nurul Yaqin yang berlokasi di Kampung Bayur, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Rampung dibangun pada 1982, Masjid Pintu Seribu menyimpan banyak kisah bersejarah di antaranya dari makam keramat hingga labirin sebagai tempat perenungan. 

Selain itu, arsitektur Masjid Pintu Seribu dipenuhi dengan kaligrafi dan beberapa lukisan para wali, seperti Sunan Gresik, sehingga cocok untuk berwisata religi sambil menjelajah masa lalu lewat keautentikannya.

Masjid Jami Kalipasir

Jika menyebutkan masjid tertua yang penuh dengan nilai sejarah, tak lengkap rasanya apabila tidak menyebutkan Masjid Jami Kali Pasir yang berada di Jalan Kalipasir, Gang Masjid, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Berdiri sejak 1412, Masjid Jami Kalipasir bermula dari kedatangan Ki Tengger Jati dari kerajaan Galuh Kawali untuk menuntut ilmu agama ke Syekh Syubakhir.

Sejumlah nama-nama besar pernah singgah dan berkontribusi dengan pembangunan Masjid Jami Kalipasri, di antaranya Syekh Abdul Jalil dari Persia, Sunan Kalijaga, dan Sultan Ageng Tirtayasa.

Tak hanya itu, Masjid Jami Kalipasir dibangun di tengah-tengah pemukiman masyarakat Tionghoa sehingga menjadi salah satu simbol kerukunan di Tanngerang.

Masjid Jami Kalipasir sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi karena memiliki nilai sejarah yang patut untuk dikunjungi.

Masjid Asmaul Husna

Bergeser dari dua poin sebelumnya yang membahas masjid bersejarah, Masjid Asmaul Husna Gading Serpong Tangerang tampil dengan mencolok dan memiliki nilai estetika tersendiri.

Sempat viral di media sosial TikTok pada 2021 silam, Masjid Asmaul Husna yang berlokasi di Jalan Molek, Blok FA6 No 11 , Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, sukses menarik para perhatian pengunjung.

Memiliki arsitektur unik dengan dinding bagian luar bangunan yang dihiasi dengan pola indah kaligrafi 99 nama Allah SWT atau Asmaul Husna.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merupakan sosok dibalik rancangan desain bangunan yang mempesona dari Masjid Asmaul Husna.

Masjid Raya Al Azhom

Tak lengkap rasanya jika berada di Kota Tangerang tanpa mengunjungi masjid satu ini. Sebab, Masjid Raya  Al Azhom merupakan salah satu ikon dan kebanggaan dari Kota Tangerang.

Masjid Raya AL Azhom Berada di dekat Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, tepatnya di Jalan Satria Sudirman, Kelurahan Sukasaasih, Kecamatan Tangerang.

Didesain dengan ciri khas lima kubah besar serta empat menara tinggi menjulang, Masjid Raya Al Azhom memiliki nilai filosofis dibalik struktur bangunannya, salah satunya melambangkan Kota Tangerang yang dijuluki sebagai Kota Benteng.

Ditambah, Masjid Raya Al Azhom memiliki fasilitas Galeri Islam yang berisikan bingkai dan gambar tentang sejarah-sejarah Islam serta ukiran kaligrafi dalam bentuk bingkai, kemudian ditempel pula tulisan-tulisan Asmaul Husna di sepanjang dinding galeri.

Galeri Islam Al-Azhom juga menyediakan buku-buku yang tidak hanya berisikan tentang sejarah Islam, tetapi terdapat pengetahuan tentang syariat Islam maupun buku-buku motivasi islami.

Al Mahmudah Manasik Training Center (AMTC)

Bertepatan dengan hari Raya Idul Adha, mengunjungi Al Mahmudah Manasik Training Center (AMTC) dapat menjadi salah satu pilihan. Pasalnya, tempat ini memang disiapkan sebagai destinasi wisata religi berupa latihan manasik haji dan umrah baik secara perorangan maupun rombongan.

Berlokasi di Lubana Sengkol, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, AMTC beroperasi pada hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.30 hingga 18.00 WIB, kecuali hari Jumat, tempat ini tutup. 

AMTC dilengkapi replika Kakbah beserta Hajar Aswad. Tidak hanya terdapat replika Kakbah, di tempat ini juga terdapat replika serangkaian ibadah seperti replika Sa’i di mana pada tiap sisi ujung kanan dan kirinya terdapat replika Bukit Shafa dan Marwah. 

Di tempat ini pun terdapat replika jumrah yang meliputi tiga bangunan, yakni Aqabah, Wustha, dan Ula. Selain replika manasik haji, di tempat tersebut juga terdapat fasilitas lain berupa teater yang menampilkan film animasi anak bertemakan Islami.

Adapun harga yang dibanderol dengan harga Rp70 ribu serta Rp80 ribu untuk mendapatkan wahana menonton film di teater.

Itulah lima rekomendasi tempat wisata religi di Tangerang. Semoga bermanfaat!

MANCANEGARA
Nekat, Mahasiswa Pulang Pergi ke Kampus Naik Pesawat

Nekat, Mahasiswa Pulang Pergi ke Kampus Naik Pesawat

Minggu, 25 Februari 2024 | 18:46

Tim Chen, seorang mahasiswa University of British Columbia (UBC) asala Calgary, Kanada, nekat pulang pergi ke kampusnya menggunakan pesawat terbang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

BISNIS
2 Pekan Lagi Ramadan, Simak 5 Ide Jualan Minuman Takjil Buka Puasa

2 Pekan Lagi Ramadan, Simak 5 Ide Jualan Minuman Takjil Buka Puasa

Senin, 26 Februari 2024 | 11:53

Dalam menjalankan bisnis kuliner, terutama pada momen buka puasa, ide kreatif dalam penyajian takjil bisa menjadi kunci sukses.

TANGSEL
Gardu Listrik Keluarkan Asap dan Meledak di Pondok Aren Tangsel, Bikin Panik Warga

Gardu Listrik Keluarkan Asap dan Meledak di Pondok Aren Tangsel, Bikin Panik Warga

Minggu, 25 Februari 2024 | 08:58

Gardu trafo PLN di Jalan Jenderal Sudirman, Sektor 09 Bintaro Jaya, RT 07/01, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meledak, Jumat 24 Februari 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill