Connect With Us

Sambut Era Digital Informasi Penerbangan, AirNav Indonesia Inisiasi Workshop Bersama CGX Aero Perancis

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 29 Januari 2024 | 21:33

AirNav Indonesia menggelar workshop yang bertajuk “Asia–Pacific Workshop On Digital Aeronautical Transformation”di Hotel Atria, Tangerang, dari tanggal 29 Januari hingga 01 Februari 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal dengan AirNav Indonesia, bersiap menghadapi era digital dalam data dan informasi penerbangan (aeronautical).

Dengan semakin canggihnya teknologi yang terdapat di cockpit pesawat dan komputerisasi data penerbangan saat ini, menuntut industri aviasi melakukan transisi data serta informasi penerbangan yang disajikan ke Maskapai dan Pilot, dari semula berbentuk cetak menjadi bentuk digital.

Sebagai satu-satunya BUMN yang menyediakan layanan navigasi penerbangan di Indonesia, AirNav menggandeng mitra dari Prancis yaitu CGX Aero, mengadakan Workshop yang bertajuk “Asia–Pacific Workshop On Digital Aeronautical Transformation”di Hotel Atria, Tangerang dari tanggal 29 Januari hingga 01 Februari 2024.

Workshop ini dihadiri pembicara internasional yang pakar dibidangnya seperti dari ICAO, Airbus, ATR, France Aviation Civile Services, Thales, dan Delv Airspace. AirNav mengundang para pelaku industri penerbangan seperti Kementerian Perhubungan, Maskapai, Pilot, Operator Bandara dan stakeholder lainnya.

Polana B. Pramesti, Direktur Utama AirNav Indonesia mengatakan menjawab tantangan dan peluang pada setiap perkembangan zaman merupakan bagian dari tugas AirNav Indonesia.

"Hal ini dilakukan agar para pengguna seperti Pilot dan lainnya, mendapatkan data dan informasi penerbangan dengan lebih mudah, cepat dan up-todate," ujarnya.

Polana menambahkan sebelum melakukan penerbangan, seorang Pilot akan mempelajari berbagai data dan informasi penerbangan, seperti flight plan, rute penerbangan, kondisi cuaca, NOTAM (notice to airmen), AHSTAM (gunung berapi), dan informasi lainnya.

Selama ini, para Pilot biasanya mendapatkan dalam bentuk cetakan kertas Pre-flight bulletin dan buku AIP (Aeronautical Information Publication).

"Kini dengan kemajuan teknologi di industri penerbangan, penyajian berbagai data dan informasi tersebut dapat dilakukan dalam bentuk digital," jelasnya.

AirNav telah memulai transformasi digital data dan informasi penerbangan sejak tahun 2020 lalu dengan meluncurkan berbagai produk aplikasi seeprti Nav-earth (peta penerbangan digital pertama di Indonesia). 

Selain itu ada serta aplikasi Nav-gate, yaitu portal data informasi aeronautika yang dapat di akses para pelaku industri penerbangan secara mudah dan di mana saja melalui handphone atau laptop.

"Sehingga terjadi efisiensi dan tidak perlu cetak dalam bentuk kertas lagi," lanjut Polana.

Dijelaskannya, data dan informasi aeronautika dikumpulkan dalam single database yang terintegrasi. Adapun data yang diolah dan diproses seperti data Flight Plan (rencana penerbangan), kondisi cuaca di sepanjang rute penerbangan dan bandara tujuan, Notam dan Ashtam, Pre-flight bulletin dan Post-flight report.

"Kesemuanya dapat diakses melalui kedua aplikasi tersebut," ujar Polana.

Dalam Kolaborasi antara AirNav Training Center dengan CGX Aero melalui workshop ini, pihaknya juga mengundang pakar penerbangan dunia.

Diharapkan hal ini memudahkan para pelaku industri penerbangan mempelajari berbagai tantangan serta peluang dalam digitalisasi data penerbangan, dan teknologi terkini di industri penerbangan dunia.

"Di lain sisi, acara ini dapat menjadi ajang bagi Indonesia menyampaikan berbagai capaian industri penerbangan di Tanah Air” pungkas Polana. 

Workshop ini juga dibutuhkan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian data penerbangan, dimulai dari data originator, operator hingga user. Sebab, kesalahan dalam menyampaikan data penerbangan, dapat berakibat fatal.

Selain paparan mengenai topik menarik, juga ada sesi tanya jawab sehingga semua peserta mendapatkan insight dan pendalaman materi terkait digitalisasi data aeronautical.

"Semoga atas inisiasi ini seluruh pelayanan navigasi hingga pendistribusian data penerbangan di Indonesia menjadi lebih optimal,” tutup Polana.

KAB. TANGERANG
Pj Bupati Tangerang Sebut May Day Jadi Momen Pererat Hubungan Buruh dan Pengusaha

Pj Bupati Tangerang Sebut May Day Jadi Momen Pererat Hubungan Buruh dan Pengusaha

Kamis, 2 Mei 2024 | 00:50

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menyebut peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2024, menjadi momen merekatkan hubungan antara buruh dengan pengusaha, hingga pemerintah.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill