Connect With Us

Aktor Bollywood Ditangkap Selundupkan 3 Ekor Hewan Dilindungi di Bandara Soetta

Yanto | Kamis, 4 Juli 2024 | 18:00

Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengamankan aktor film Bollywood atas aksi penyelundupan hewan yang dilindungi, Kamis 04 Juli 2024. (@TangerangNews / Yanto)

 

 

TANGERANGNEWS.com-Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengamankan aktor film Bollywood atas aksi penyelundupan hewan yang dilindungi, Kamis 04 Juli 2024.

 

Pelaku berinisial RM, 56, berhasil ditindak pada Senin 1 Juli 2024. Bermula dari adanya kecurigaan petugas terhadap hasil citra X-Ray pada koper yang dibawanya.

 

Atas kecurigaan tersebut tim Bea Cukai Soetta dan Aviation Security langsung melakukan pelannggilan terhadap RM yang sudah berada di Boarding Room untuk dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaannya.

 

Gatot Sugeng Wibowo mengatakan dari hasil penggeledahan ditemukan masing-masing satu ekor Burung Cendrawasih Kuning, Burung Cendrawasih Botak Papua, dan Berang-berang Cakar Kecil Albino.

 

“Hewan tersebut termasuk dalam Appendix I dan II Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES),” ujarnya Kamis 4 Juli 2024.

 

Hewan yang memerlukan izin khusus untuk pengangkutannya, juga ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi sesuai dengan UU No 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya junto lampiran PermenLHK P.106 tahun 2018 Tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindungi.

 

"CITES adalah perjanjian internasional yang mengatur perdagangan hewan dan tumbuhan liar untuk mencegah eksploitasi berlebihan dan melindungi hewan dari kepunahan, tambah Gatot.

 

Gatot menjelaskan saat diamankan, pelaku hendak menaiki pesawat Indigo Air nomor penerbangan 6E 1602 tujuan Mumbai, India.

 

Berdasarkan keterangan awal, RM mengaku berprofesi sebagai aktor dan produser film Bollywood. Kunjungannya ke Indonesia adalah untuk berlibur.

 

Saat akan kembali ke India, ia mengaku dititipi koper oleh kenalannya yang juga WNA India di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, untuk diberikan kepada seseorang saat tiba di India.

 

"Namun kita tidak mudah percaya, Tim Bea Cukai Soekarno-Hatta kemudian melakukan penelusuran lebih lanjut dan berdasarkan bukti-bukti yang ada, didapati fakta RM tiba di Terminal 2 telah membawa koper berisi hewan tersebut dan tidak dititipkan," jelas Gatot.

TEKNO
Simak Strategi Terbaik untuk Kembangkan Portofolio Kripto

Simak Strategi Terbaik untuk Kembangkan Portofolio Kripto

Jumat, 12 Juli 2024 | 18:27

Pasar cryptocurrency telah berkembang menjadi salah satu sektor investasi yang paling dinamis dan menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

KOTA TANGERANG
House of Metamorfit Hadir di Alam Sutera Tangerang, Tawarkan Fasilitas Gym untuk Anak

House of Metamorfit Hadir di Alam Sutera Tangerang, Tawarkan Fasilitas Gym untuk Anak

Sabtu, 13 Juli 2024 | 22:38

Pusat Kebugaran House of Metamorfit (HOM) kini hadir di kawasan Alam Sutera, Kota Tangerang. Yang berbeda dari sarana olahraga ini adalah tersedianya fasilitas pelatihan gym untuk anak-anak melalui HOM Kids Academy.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill