Connect With Us

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Pelebaran Jalan Tol Tangerang-Merak, Jumat 26 April 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

Pekerjaan ini merupakan salah satu upaya konkret dalam meningkatkan pelayanan, serta mengatasi kepadatan lalu lintas yang semakin meningkat pada ruas jalan tol Tangerang-Merak.

Diperkirakan pertumbuhan lalu lintas di segmen Serang Barat hingga Cilegon Timur akan melebihi kapasitas dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, proyek penambahan lajur ini menjadi langkah strategis untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas serta kenyamanan bagi pengguna jalan tol.

Samsul Chair, Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Astra Tol Tangerang-Merak, mengatakan proyek penambahan Lajur ke-3 Serang Barat (Serbar) hingga Cilegon Timur (Ciltim), ini sudah mulai persiapan sejak Februari 2024,

Diharapkan masa pelaksanaan proyek sekitar 390 hari tercapai dan dapat selesai sesuai target pada awal tahun 2025.

Saat ini, setiap jalur hanya memiliki 2 lajur dan 1 bahu jalan. Diharapkan dengan selesainya penambahan lajur menjadi 3 lajur dan 1 bahu jalan nanti, dapat mengurangi kepadatan lalu lintas serta mempercepat waktu tempuh perjalanan pengguna jalan.

“Beberapa aspek penting dari pekerjaan ini yang menjadi perhatian serius bagi kami adalah keselamatan, baik pekerja maupun pengguna jalan, manajemen trafik, kualitas hasil serta efisiensi waktu pelaksanaannya,” tegas Samsul, Jumat 26 April 2024.

Dalam prosesnya, pengerjaan dilakukan oleh kontraktor pelaksana yaitu PT Acset Indonusa Tbk yang juga bagian dari unit usaha konstruksi Astra Group, yang dinilai memiliki kapabilitas dan pengalaman dalam pengerjaan konstruksi Jalan. 

Metode pelaksanaan pekerjaan yang berbeda dari pekerjaan proyek pelebaran sebelumnya adalah dengan dilakukannya pembagian 4 zona secara bertahap sesuai dengan urutan pekerjaan.

Di antaranya ialah di STA 77+375 s/d 82+200 jalur A, kemudian yang jalur B di STA 82+400 s/d 87+125 dilakukan variasi penutupan bahu jalan, untuk pekerjaan struktur agar proses dapat lebih cepat.

Sebagai upaya fokus pada pelayanan masyarakat, khususnya prioritas pada upaya meminimalisir kemacetan atau gangguan lalu lintas, Astra Tol Tamer melakukan strategi manajeman trafik dan penanganan cepat bersama para pihak yaitu Polisi Jalan Raya (PJR), khususnya terhadap kendaraan yang mengalami gangguan di jalur sekitar area proyek. 

“Kami juga akan melakukan publikasi aktif berupa informasi lalu lintas di area proyek melalui berbagai platformmedia yang kami miliki, seperti media sosial, website serta media luar ruang seperti spanduk dan layar digital variable message sign (VMS) di jalur,” ujar Samsul.

Dari sisi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Proyek Penambahan Lajur ke-3 Serbar-Ciltim ini dilakukan sesuai standar sistem manajemen K3 dan Lingkungan.

Di antaranya penerapan Job Safety Analysis untuk identifikasi awal pekerjaan–pekerjaan yang beresiko serta mitigasinya termasuk prosedur Emergency Response Plan. Selain itu, Astra Tol Tamer juga memperketat penerapan Contractor 

Safety Management System (CSMS) untuk memastikan kepatuhan setiap mitra kerja yang terlibat dalam proyek ini terhadap kebijakan K3L. Hal ini guna memberikan rasa aman dan meningkatkan keselamatan pekerja maupun pengguna jalan.

Selama pekerjaan proyek ini, Astra Tol Tamer kembali mengimbau kepada pengguna jalan selain memeriksa kelayakan kondisi kendaraan dan kondisi fisik pengemudi.

Selain itu, wajib memperhatikan rambu dan infromasi lalu lintas sebelum dan saat melintasi area proyek, untuk menghindari adanya gangguan selama perjalanan khususnya di area proyek.

Juga memastikan mengetahui informasi lalu lintas sebelum melakukan perjalanan di media sosial Instagram @astratoltamer, x.com @tol_mms, website margamandala.co.id dan dapat juga menghubungi layanan pelanggan 24 jam melalui call center 0254 2027878 / free call dan wa chat 08001777879.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Senin, 6 Mei 2024 | 08:52

Kota Tangerang memiliki berbagai tempat pusat kuliner, salah satunya ialah Jajanan Parlan di kawasan Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

TANGSEL
Polsek Pondok Aren Amankan 20 Motor Berknalpot Brong di Bintaro Tangsel

Polsek Pondok Aren Amankan 20 Motor Berknalpot Brong di Bintaro Tangsel

Senin, 6 Mei 2024 | 18:45

Aparat Polsek Pondok Aren, Polres Tangsel, menindak tegas 20 sepeda motor yang berknalpot brong pada operasi kejahatan jalanan, demi kenyamanan warga atau penggunaan jalan lainnya.

TEKNO
Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Baru Seumur Jagung, Fitur Flipside Instagram Bakal Dihapus

Sabtu, 4 Mei 2024 | 12:42

Media sosial di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi Meta, Instagram resmi akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill