Connect With Us

Musim Hujan Mobil Terendam Banjir, Segini Biaya Servisnya

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 14 September 2022 | 21:07

Ilustrasi mobil terendam banjir. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Setiap pemilik kendaraan roda empat harus mewaspadai musim hujan yang seringkali berpotensi banjir. Pasalnya, mobil bisa langsung rusak akibat terendam air dan harus mendapatkan penanganan khusus dengan biaya tidak sedikit.

Genangan banjir dapat mengakibatkan banyak sekali kerugian, terutama secara finansial dan material. Biaya perbaikan mobil yang terendam banjir harus dihitung berdasarkan kerusakan dan jasa servis lain. Harga komponen yang rusak karena banjir pun beragam sesuai dengan merek kendaraan yang dimiliki.

Duitpintar.com, broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, memberikan informasi mengenai biaya servis mobil hingga pengecekan bagian-bagian kendaraan yang terendam banjir, sebagai berikut:

 

Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir serta Rinciannya

Adapun biaya perbaikan mobil terendam banjir di bengkel mengikuti kondisi kerusakannya, apakah ringan, sedang atau berat.

Untuk biaya perbaikan dengan kerusakan ringan seperti pembersihan interior, pembersihan dan pemeriksaan mesin, maka Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp5 juta. 

Untuk perbaikan dalam kategori sedang dengan kondisi elektrik masih bisa digunakan mulai dari Rp8 juta hingga belasan juta rupiah. Sementara itu, kalau sudah masuk ruang bakar sudah beda harga karena beli ring seher dan sebagainya.

Berbeda dengan EBA, CARfix, bengkel umum yang melayani semua jenis servis mobil hingga perbaikan karena terendam banjir, memberikan kisaran biaya perbaikan mobil banjir mulai dari Rp2,2 juta hingga Rp6,7 juta.

Berikut ini adalah rincian harga perbaikan sesuai dengan tipe masing-masing kendaraan roda empat:

 

Tipe A

Untuk mobil-mobil mewah seperti Alphard, Land Cruiser, Mercedes-Benz dan sebagainya biayanya sesuai kategori. Dengan kategori Lite = Rp3,5 juta; Medium = Rp5,8 juta; Hard = Rp6,7 juta.

 

Tipe B

Untuk mobil-mobil kelas menengah seperti Accord, Camry, Fortuner, Pajero Sport dan lainnya. Dengan kategori Lite = Rp2,9 juta; Medium = Rp5 juta; Hard = Rp5,9 juta.

 

Tipe C

Untuk mobil-mobil MPV dan city car seperti Avanza, Innova, Xpander, Calya, Ayla, Brio, Vios, Jazz, dan sebagainya dengan kategori Lite = Rp2,2 juta; Medium = Rp3,6 juta; Hard = Rp4,5 juta.

 

Biaya Servis Mobil Banjir di Bengkel Resmi

Biaya perbaikan mobil terendam banjir juga berbeda-beda antara bengkel resmi dan bengkel umum. Untuk biaya perbaikan mobil yang terendam banjir di bengkel resmi, misalnya Auto2000 maka kisaran harga mulai dari Rp700 ribu hingga Rp16 juta, tergantung jenis mobil yang dimiliki. 

Kategori ringan dengan jenis mobil low cost green car (LCGC) seperti Agya dan Calya, maka Anda bisa dikenakan biaya jasa Rp3 juta, jenis ekonomi seperti Avanza Rp3,7 juta. Jenis standar seperti Sienta, Yaris, dan Vios Rp4,5 juta. Sedangkan untuk jenis medium dengan mobil seperti Innova dan Altis dikenakan biaya Rp6,5 juta hingga CBU Rp8,5 juta.

Adapun jenis-jenis perbaikan di kategori medium meliputi pelepasan jok untuk dibersihkan dan dikeringkan, pemeriksaan motor power window, AC, audio, bahan bakar, dan lainnya. Untuk estimasi biaya jasanya mulai dari Rp6 juta sampai Rp16 juta.

Sementara itu, untuk kategori plafon, tinggal ditambahkan biaya bongkar dan pergantian plafon, dengan estimasi dana sebesar Rp700 ribu sampai Rp1 juta.

Sedangkan untuk PT Toyota Astra Motor memberikan kisaran harga mulai dari ratusan ribu rupiah, Rp1 juta hingga ke atas untuk biaya perbaikan mobil terendam banjir. Biaya tersebut tergantung dari kendaraan roda empat terendam banjir. 

Misalnya, genangan air sampai karpet, otomatis harus dibersihkan dan dikeringkan dengan biaya di atas Rp1 juta. Tapi kalau Engine Control Unit (ECU) yang terendam banjir, biaya yang dikeluarkan lebih banyak. 

Untuk kendaraan dari memakan biaya banyak salah satunya komponen kelistrikan karena seperti kabel dan fitur-fitur elektrik lainnya tidak bisa dibersihkan, harus diganti. 

 

Biaya Servis Mobil Banjir di Bengkel Umum

Biaya servis mobil banjir di bengkel resmi berada di kisaran ratusan ribu rupiah hingga Rp8,5 juta.  Lain halnya untuk biaya di bengkel umum, salah satunya Bengkel Engine Block Autowork (EBA) di Pondok Aren, Bintaro.

 

Pilih Asuransi Mobil dengan Perlindungan Menyeluruh

Agar tidak pusing lagi dengan tagihan bengkel yang membengkak, maka Anda bisa memanfaatkan asuransi mobil All Risk karena akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Karena itu, akan lebih bijaksana melengkapi kendaraanmu dengan fitur perlindungan yang cukup luas. Termasuk perlindungan karena bencana banjir.

HIBURAN
D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

Jumat, 14 Juni 2024 | 14:50

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan meluncurkan Jingle, Maskot dan Tagline dalam rangka memeriahkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, Jumat 14 Juni 2024.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

TANGSEL
Minivan Tabrak Pembatas Jalan di Jalan Raya Serpong Tangsel, Pengemudi Tewas

Minivan Tabrak Pembatas Jalan di Jalan Raya Serpong Tangsel, Pengemudi Tewas

Minggu, 16 Juni 2024 | 19:00

Satu unit mobil jenis minivan mengalami kecelakan tunggal di Jalan Raya Serpong, Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kecelakaan itu mengebabkan pengemudi wanita berinisial A, 41, tewas.

MANCANEGARA
Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Jumat, 31 Mei 2024 | 13:01

Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan New York pada Kamis sore.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill