Connect With Us

Andhika, Siswa SMPN 2 Pagedangan Tangerang Terpilih Main Sinetron Anak di TVRI

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 22 Oktober 2023 | 22:50

Andhika Prameswara, siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pagedangan, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Andhika Prameswara, siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pagedangan, Kabupaten Tangerang, menjadi salah satu dari lima belas orang terpilih calon pemain Sinetron bergenre anak bertajuk “Celoteh Anak".

“Andhika punya bakat baik dalam berakting. Tim seleksi kami hanya sekali menguji talennya, baik untuk tes dialog maupun ekpresi kejiwaan dalam seni peran, ternyata berhasil dan masuk kreteria kami,” papar Sutradara Ervin Salamandra menjelaskan talenta Andhika.

Menurut sutradara muda ini, bakat seni peran yang ada pada diri Andhika cukup baik. Hal itu terlihat ketika diuji untuk memainkan peran orang lain, ternyata dia mampu.

“Diawal uji dialog, dia (Andhika) menyampaikannya seperti membaca. Tapi setelah tim penguji menjelaskan dialog yang baik dan benar, berikutnya dilakukan dengan baik. Cukup sekali kami menjelaskannya,” ungkap Ervin yang banyak menyutradari Sinetron bertema remaja, baik untuk produksi televisi swasta maupun TVRI Nasional.

Menurutnya, sinetron “Celoteh Anak” merupakan produksi TVRI Nasional, dikerjakan oleh Poduction House (PH/rumah produksi) Inez Production. Tahap pertama akan ditayangkan sebanyak 13 episode cerita legenda dan dongeng.

“Sebelum Sinetron ini, masih diprogram TVRI Nasional, saya berhasil menyutradarai Sinetron “Kampung Berkah”. Itu sebabnya saya kembali dipercaya untuk menyutradari Sinetron untuk program anak-anak,” ujar Ervin yang tercatat sebagai Anggota Persatuan Karyawan Film dan Televisi Indonesia (KFT).  

Adapun sinetron “Celoteh Anak” berisi tentang legenda dan dongeng rakyat Indonesia dan negara lain. Seperti kisah tentang Kabayan (Sunda/Jabar), Putri Mandalika (NTB/Lombok), Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat (Sumsel).

Lalu, Pangeran Amat Mude (Aceh), Bawang Merah, Bawang Putih (Riau), Sangkuriang (Sunda/Jabar), Malin Kundang (Sumbar), Jampang (Betawi/Jakarta), Ali Babab (Timur Tengah) dan lainnya. 

Sinetron ini, membutuhkan belasan pemain yang memiliki bakat seni perannya baik. Karena itu, Inez Production mencari bakat seni peran anak usia SD dan SMP melalui uji pemilihan peran (casting). Puluhan anak tercatat mencoba kemampuan bakatnya. 

"Dari puluhan peserta casting, yang lolos ada 15 orang. Bakat Andhika cukup baik, kami percayakan untuk bermain diseluruh episode ditahap pertama, ada 13 judul yang akan diperankannya,” kata Ervin.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus mendukung bakat seni peran anak usia balita hingga remaja yang ingin menggapai cita-citanya.

Andhika Prameswara merupakan putra pasangan dari H Sinano Esha dan Hj Fisca Isyanu, warg Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangernag.

Ia terlahir kembar non identik dengan Andhiny Prameswari. Keduanya kini tercatat murid SMP Negeri 2 Pagedangan.

Menurut Andhika, talenta seni perannya menurun dari ayahnya, yang ketika usia muda dulu dikenal pemain teater (drama) di lingkungan Jakarta Barat. Seangkatan dengan almarhum Nasri Cheppy, sutradara film “Catatan Si Boy”, karya sineas yang monumental tersebut.

“Papa dulu pemain teater, juga penulis cerita (fiksi) dan wartawan. Bakat seni peran saya dari papah, begitu juga bakat tulis menulis Andhiny. Saudara kembar saya itu pintar nulis cerita, kayaknya dia lagi nyusun novel anak,” ungkap Andhika tentang bakat dirinya dan saudara kembarnya.

Kedua orangtuanya sangat mendukung bakat dan seluruh kegiatan seni perannya. Selain itu, juga cukup keras untuk urusan pendidikan umum dan agama. Sedikit sekali ruang untuk bermain di luar rumah.

“Pulang sekolah, saya dan Andhiny disibukan di kegiatan pengajian di Sahabat Al Quran, dari sore hingga malam, lanjut belajar malam. Praktis, hanya dua jam lebih sedikit kami bermain bersama teman-teman di luar rumah,” jelasnya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

SPORT
Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Minggu, 16 Juni 2024 | 13:03

Jakarta Electric PLN kembali berhasil mengalahkan juara bertahan Bandung BJB Tandamata dengan skor 3-2 dalam lanjutan putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024 di Gedung Olahraga Ken Arok, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

PROPERTI
Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:35

Pusat otomotif terpadu BEZ Auto Center besutan Paramount Land, yang berlokasi di Illago Grande, Gading Serpong, resmi diluncurkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill