Connect With Us

Andhika, Siswa SMPN 2 Pagedangan Tangerang Terpilih Main Sinetron Anak di TVRI

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 22 Oktober 2023 | 22:50

Andhika Prameswara, siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pagedangan, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Andhika Prameswara, siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pagedangan, Kabupaten Tangerang, menjadi salah satu dari lima belas orang terpilih calon pemain Sinetron bergenre anak bertajuk “Celoteh Anak".

“Andhika punya bakat baik dalam berakting. Tim seleksi kami hanya sekali menguji talennya, baik untuk tes dialog maupun ekpresi kejiwaan dalam seni peran, ternyata berhasil dan masuk kreteria kami,” papar Sutradara Ervin Salamandra menjelaskan talenta Andhika.

Menurut sutradara muda ini, bakat seni peran yang ada pada diri Andhika cukup baik. Hal itu terlihat ketika diuji untuk memainkan peran orang lain, ternyata dia mampu.

“Diawal uji dialog, dia (Andhika) menyampaikannya seperti membaca. Tapi setelah tim penguji menjelaskan dialog yang baik dan benar, berikutnya dilakukan dengan baik. Cukup sekali kami menjelaskannya,” ungkap Ervin yang banyak menyutradari Sinetron bertema remaja, baik untuk produksi televisi swasta maupun TVRI Nasional.

Menurutnya, sinetron “Celoteh Anak” merupakan produksi TVRI Nasional, dikerjakan oleh Poduction House (PH/rumah produksi) Inez Production. Tahap pertama akan ditayangkan sebanyak 13 episode cerita legenda dan dongeng.

“Sebelum Sinetron ini, masih diprogram TVRI Nasional, saya berhasil menyutradarai Sinetron “Kampung Berkah”. Itu sebabnya saya kembali dipercaya untuk menyutradari Sinetron untuk program anak-anak,” ujar Ervin yang tercatat sebagai Anggota Persatuan Karyawan Film dan Televisi Indonesia (KFT).  

Adapun sinetron “Celoteh Anak” berisi tentang legenda dan dongeng rakyat Indonesia dan negara lain. Seperti kisah tentang Kabayan (Sunda/Jabar), Putri Mandalika (NTB/Lombok), Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat (Sumsel).

Lalu, Pangeran Amat Mude (Aceh), Bawang Merah, Bawang Putih (Riau), Sangkuriang (Sunda/Jabar), Malin Kundang (Sumbar), Jampang (Betawi/Jakarta), Ali Babab (Timur Tengah) dan lainnya. 

Sinetron ini, membutuhkan belasan pemain yang memiliki bakat seni perannya baik. Karena itu, Inez Production mencari bakat seni peran anak usia SD dan SMP melalui uji pemilihan peran (casting). Puluhan anak tercatat mencoba kemampuan bakatnya. 

"Dari puluhan peserta casting, yang lolos ada 15 orang. Bakat Andhika cukup baik, kami percayakan untuk bermain diseluruh episode ditahap pertama, ada 13 judul yang akan diperankannya,” kata Ervin.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus mendukung bakat seni peran anak usia balita hingga remaja yang ingin menggapai cita-citanya.

Andhika Prameswara merupakan putra pasangan dari H Sinano Esha dan Hj Fisca Isyanu, warg Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangernag.

Ia terlahir kembar non identik dengan Andhiny Prameswari. Keduanya kini tercatat murid SMP Negeri 2 Pagedangan.

Menurut Andhika, talenta seni perannya menurun dari ayahnya, yang ketika usia muda dulu dikenal pemain teater (drama) di lingkungan Jakarta Barat. Seangkatan dengan almarhum Nasri Cheppy, sutradara film “Catatan Si Boy”, karya sineas yang monumental tersebut.

“Papa dulu pemain teater, juga penulis cerita (fiksi) dan wartawan. Bakat seni peran saya dari papah, begitu juga bakat tulis menulis Andhiny. Saudara kembar saya itu pintar nulis cerita, kayaknya dia lagi nyusun novel anak,” ungkap Andhika tentang bakat dirinya dan saudara kembarnya.

Kedua orangtuanya sangat mendukung bakat dan seluruh kegiatan seni perannya. Selain itu, juga cukup keras untuk urusan pendidikan umum dan agama. Sedikit sekali ruang untuk bermain di luar rumah.

“Pulang sekolah, saya dan Andhiny disibukan di kegiatan pengajian di Sahabat Al Quran, dari sore hingga malam, lanjut belajar malam. Praktis, hanya dua jam lebih sedikit kami bermain bersama teman-teman di luar rumah,” jelasnya.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill