Connect With Us

Wali Kota Tangerang klaim luar Negeri tertarik bantu LRT

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 4 Desember 2014 | 19:07

Ilustrasi LRT (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANG-Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah mengklaim forum pemimpin Asia Pasifik, Asian Development Bank (ADB) dan Cities Development Initiative for Asia (CDIA) bakal membantu pihaknya dalam proyek light rail transit (LRT).
 
Hal itu dikatakan Arief usai pulang dari Manila, Filipina untuk menghadiri undangan sebagai narasumber  dalam forum tersebut. Mereka, kata Arief, tertarik untuk menjadikan Kota Tangerang sebagai pilot project pengembangan kota di Indonesia.
 
Arief mengatakan, mereka tertarik mengenai konsep Liveable, Investible, Visitible, dan E-City (LIVE). "Atas dasar itu pihak-pihak tersebut akan melakukan kunjungan ke Kota Tangerang pada 15-16 Desember," katanya.
 
Adapun negara-negara yang akan membahas rencana pengembangan tersebut yakni Jerman, Swedia, Austria, dan Australia.
 
"Mereka yang akan membahas program apa yang bisa untuk pengembangan Kota Tangerang sehingga bisa dijadikan pilot project untuk kota-kota lain di Indonesia,” ujarnya.
 
Menurutnya, Pemkot Tangerang juga meminta lembaga-lembaga tersebut untuk mengalokasikan dana block grand untuk Kota Tangerang, yang sebelumnya telah diberikan kepada 20 kota di Indonesia.
 
“Mereka memiliki proyek penataan kawasan kumuh di Indonesia. Kalau tidak salah Medan atau Makasar dapat block grand sekitar US$4 juta. Nanti dihitung berapa kawasan kumuhnya, lalu mereka membuat kajiannya,” tuturnya.
 
Arief menjelaskan, dana block grand yang diberikan oleh ADB kepada sejumlah daerah diperuntukkan bagi penataan pemukiman kumuh, penyediaan air bersih, dan lainnya termasuk pengembangan moda transportasi.
 
“Kalau kami menawarkan pengembangan light rail transit, rencananya mereka akan bantu membuat kajian. Mereka juga menjelaskan landasan kerjasama akan bersifat public private,” tuturnya.
 
 
 
 
 
 
TagsLRT
TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill