Connect With Us

BIG Akui Data Geospasial Kota Tangerang Kian Maju

Advertorial | Selasa, 21 Februari 2023 | 20:39

BIG dan Diskominfo Kota Tangerang serah terima Sistem Informasi Katalog Metadata Berbasis Geospasial (SIKAMBING) secara administratif, Selasa 21 Februari 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Badan Informasi Geospasial (BIG) mengakui jika data Geospasial Pemerintah Kota Tangerang semakin maju.

Hal itu dikatakan Divisi Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIG) saat kunjungan di Ruang Tangerang Live Room (TLR), Puspem Kota Tangerang, Selasa 21 Februari 2023. 

"Kota Tangerang menjadi yang pertama BIG edukasi terkait versi terbaru SIKAMBING (Sistem Informasi Katalog Metadata Berbasis Geospasial). Ini karena kita melihat geospasial Kota Tangerang cukup lengkap, baik data vektor maupun raster," kata Muhammad Hasannudin Yusa, Pranata Komputer Muda BIG.

"Jika dilihat geoportalnya cukup lengkap dibanding daerah lainnya, jadi bisa dibilang geospasial Kota Tangerang cukup maju, BIG pun terus antusias melakukan bimbingan berkelanjutannya," tambah Yusa. 

Yusa mengungkapkan, dalam kunjungan ini, BIG memberikan sosialisasi dan edukasi ke tim Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang terkait upgrade SIKAMBING dari versi 1.0 menjadi 1.1, milik BIG yang telah terkoneksi dengan Geospasial Kota Tangerang. 

Ia pun menyatakan, dalam kunjungan kerja ini BIG dengan Diskominfo Kota Tangerang juga melakukan penandatangan serah terima SIKAMBING secara administratif. 

"Setelah ini, dengan SIKAMBING bersi baru Maret mendatang BIG akan melakukan pelatihan atau Training of Trainer (TOT) untuk Kota Tangerang. Jadi pengolahan satu data dengan SIKAMBING bisa lebih maksimal sesuai dengan yang dibutuhkan Satu Data Indonesia," jelas Yusa.

Subkoor Survei dan Akuisisi Data, Diskominfo Kota Tangerang Iffi Nur Mukhlishotin mengungkapkan, dengan SIKAMBING versi lama yaitu 1.0, Kota Tangerang telah membangun 105 meta data.

Kini menyambut baik SIKAMBING versi terbaru, Kota Tangerang menjadi kota pertama mendapat upgrade versi terbaru. 

"Kita menyambut baik, bimbingan lanjutan dari BIG dengan TOT yang akan berlangsung Maret mendatang. Harapannya, dengan semua data geospasial yang sudah diproduksi, Kota Tangerang dapat terus termeta datakan dan bisa terintegrasikan ke BIG maupun Satu Data Indonesia," jelas Iffi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill