Connect With Us

Generasi Milenial Masih Jadi yang Terbanyak di Kota Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 4 Juli 2023 | 10:41

Kegiatan Famtrip Generasi Milenial Jelajah Pariwisata Kota Tangerang, di Hotel Kyriad, Neglasari, Kota Tangerang, Sabtu (10/11/2018). (@TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com- Sebagai salah satu kota yang memiliki populasi cukup besar di Provinsi Banten, yakni sebanyak 1.895.486 jiwa, Kota Tangerang menjadi rumah bagi berbagai kelompok umur generasi di dalamnya.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, terdapat kelompok umur generasi yang tercatat di Kota Tangerang. Hal ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana memahami dan menghargai peran dari setiap generasi tersebut.

Mengenali profil penduduk berdasarkan kelompok umur generasi berguna sebagai langkah penting dalam perencanaan pembangunan dan penyediaan layanan yang sesuai dengan kebutuhan setiap kelompok. Berikut daftar generasi di Kota Tangerang berdasarkan kelompok umurnya menurut data BPS 2020.

Generasi Z

Generasi Z atau Gen Z merupakan kelompok yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Gen Z menjadi salah satu kelompok terbesar dalam populasi Kota Tangerang pada tahun 2020 dengan total jumlah sebesar 479.480 orang.

Generasi ini menempati porsi terbesar dalam struktur demografis kota, Generasi Z mewakili harapan dan potensi masa depan kota ini, dengan kecenderungan mereka yang tumbuh di era digital dan teknologi.

Milenial

Milenial merupakan kelompok yang lahir antara tahun 1981 hingga 1996, menduduki posisi tertinggi dalam hal jumlah populasi pada tahun 2020, jumlah milenial di Kota Tangerang mencapai 521.431 orang. 

Kelompok ini merupakan generasi yang tumbuh dan berkembang pada masa peralihan teknologi dan globalisasi. Milenial memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan dan inovasi yang tidak boleh diabaikan.

Generasi X

Generasi X yang lahir antara tahun 1965 hingga 1980, menyusul dengan jumlah populasi sebesar 419.616 orang. Generasi X mengalami perubahan sosial yang signifikan dan merupakan generasi yang terhubung dengan kedua sisi era analog dan digital. 

Meskipun jumlah mereka lebih sedikit daripada generasi Z dan milenial, kontribusi dan pengalaman mereka berharga dalam mempengaruhi perkembangan Kota Tangerang.

Baby Boomer dan Pre-Boomer

Dalam struktur demografis Kota Tangerang, kelompok baby boomer dan pre-boomer juga masih hadir. Baby boomer, yang lahir antara tahun 1946 hingga 1964, berjumlah 196.011 orang, sementara pre-boomer, yang lahir sebelum tahun 1946, hanya mencakup 16.453 orang. 

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

KAB. TANGERANG
Hardiknas 2024, Pj Bupati Tangerang Ajak Masyarakat Dukung Gerakan Merdeka Belajar 

Hardiknas 2024, Pj Bupati Tangerang Ajak Masyarakat Dukung Gerakan Merdeka Belajar 

Kamis, 2 Mei 2024 | 19:01

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengajak segenap elemen masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam hal pendidikan.

TANGSEL
Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 12:08

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel tahun 2024, tinggal menghitung beberapa bulan lagi. Namun sejauh ini, belum tampak ada tanda-tanda kandidat penantang sang petahana, Benyamin Davnie.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill