Connect With Us

Mau Jadi Lulusan Sukses di Kancah Internasional? Simak 4 Hal Ini saat Pilih Universitas

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 17 September 2023 | 21:52

Ilustrasi mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Era persaingan global yang didorong oleh kemajuan teknologi telah membawa ragam perubahan yang belum pernah terbayangkan.

Dengan bantuan teknologi, saat ini seseorang bisa bekerja dari mana saja tanpa perlu berada di lokasi tertentu, atau yang dikenal sebagai remote working.

Fenomena remote working ini memberikan kebebasan bagi pekerja untuk mengatur waktu dan lokasi kerja. Di sisi lain, berkembangnya remote working juga menghadirkan suatu tantangan baru, yaitu persaingan dalam skala global.

Untuk bersaing dalam lingkup global, generasi muda sebagai sumber daya manusia yang unggul di masa depan harus mempersiapkan diri, dengan mengembangkan kompetensi yang relevan dengan dunia kerja, serta membekali diri dengan kualitas yang membuat mereka berdaya saing tinggi.

Berikut adalah beberapa empat hal yang perlu dipersiapkan oleh generasi muda dalam bersaing di kancah internasional:

 

1. Gelar dan Kompetensi

Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dicapai, semakin besar pula peluang untuk sukses di dunia kerja. Gelar dari perguruan tinggi adalah langkah awal yang penting.

Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi adalah program internasional seperti Dual Degree.

Memiliki dua gelar akademik memberikan pengalaman yang lebih beragam dan wawasan yang lebih luas, tentunya hal ini akan membuat seseorang lebih menarik bagi perusahaan ketika melamar pekerjaan.

 

2. Kemampuan Berbahasa Inggris

Di era globalisasi ini, kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris sangat penting. Menguasai bahasa inggris dapat menjadi bekal untuk bersaing secara global dan memberikan nilai tambah dalam mencari pekerjaan.

Berbagai hal dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, baik melalui kursus, mengikuti kelas internasional di universitas, maupun mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ke luar negeri.

 

3. Kemampuan Adaptasi dan Bersosialisasi

Kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi menjadi salah satu kunci yang menentukan keberhasilan seseorang di dunia kerja.

Seseorang yang mampu beradaptasi dan membawa diri dengan baik, memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membangun karier dan relasi.

Hal ini dapat dicapai melalui partisipasi aktif dalam kegiatan perkuliahan, organisasi, maupun acara universitas berskala nasional dan internasional. Pengalaman ini akan menjadi nilai tambah saat mencari pekerjaan.

 

4. Pengalaman Internasional

Masa kuliah adalah waktu yang paling tepat untuk mengumpulkan pengalaman. Selain berpartisipasi dalam kegiatan kampus, pengalaman internasional seperti pertukaran pelajar atau belajar di luar negeri memberikan wawasan berharga dan mempersiapkan diri untuk masa depan.

Pengalaman ini tidak hanya memperkaya secara akademis tetapi juga sosial dan pribadi. Hal ini dikarenakan ada banyak pengalaman, wawasan, dan kesempatan untuk menjalin relasi yang hanya bisa didapatkan ketika berada di luar negeri. 

 

Untuk memenuhi kebutuhan generasi muda yang ingin mengembangkan kualitas diri agar siap bersaing di kancah internasional, Universitas Pelita Harapan (UPH) menghadirkan beragam program khusus (Special Program) yang sesuai dengan kebutuhan:

 

-International Class

Melalui International Class, UPH memperlengkapi mahasiswa untuk bersaing secara global melalui kurikulum berstandar internasional dan perkuliahan yang dijalankan sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

Mahasiswa yang mengikuti International Class UPH juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan berskala internasional dan berinteraksi dalam lingkungan yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Program International Class UPH tersedia untuk program S1 Manajemen, Hukum, Akuntansi, dan Teknologi Pangan.

 

-Bundling Program

Selain meningkatkan diri dengan kompetensi dan pengalaman internasional, salah satu jalur pengembangan diri lainnya yang juga bisa diambil adalah dengan mengambil program pascasarjana.

Di UPH, para mahasiswa didorong untuk mengejar pendidikan setinggi-tingginya sejak sedari mungkin. Untuk itu, UPH menawarkan program bundling bagi para mahasiswa yang berkomitmen untuk mengambil studi S2 setelah lulus program S1. 

Berikut adalah pilihan Bundling Program di UPH:

1. Sarjana Manajemen/Sarjana Teknologi Pangan + Magister Manajemen

2. Sarjana Hukum + Magister Hukum/Kenotariatan

3. Sarjana Ilmu Komunikasi + Magister Ilmu Komunikasi

 

-Program Dual Degree UPH

Program Dual Degree UPH adalah program andalan UPH dalam membekali mahasiswa dengan kemampuan Bahasa Inggris, perspektif internasional, dan kesempatan untuk mengembangkan diri dalam konteks lingkungan internasional.

Mahasiswa yang mengambil program dual degree akan mendapatkan kesempatan berkuliah di universitas mitra di luar negeri.

Program ini memungkinkan mahasiswa untuk meraih gelar Sarjana dari UPH dan Bachelor’s Degree dari universitas mitra luar negeri sehingga mereka akan memiliki nilai tambah. 

Untuk menghadirkan program Dual Degree berkualitas, UPH telah menjalin kemitraan dengan tiga universitas terkemuka di Australia, yaitu Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), La Trobe University, dan The University of Newcastle (UoN). Program ini tersedia untuk tiga program studi di UPH, yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Teknologi Pangan. 

Melalui beragam Special Program, UPH berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, unggul, berwawasan global, dan mampu berkontribusi secara nyata bagi masyarakat.

Bersama UPH, mahasiswa dibimbing untuk mengalami transformasi agar siap menjadi pemimpin masa depan yang berdampak positif.

Tunggu apa lagi? Mari bergabung dengan Special Program UPH! Untuk informasi selengkapnya mengenai Special Program di UPH, dapat menghubungi Student Consultant di nomor 0811-1709-901 atau klik di sini.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill