Connect With Us

Makanan Mengandung Zat Kimia Berbahaya ditemukan di Tangsel

| Rabu, 24 Juli 2013 | 18:25

tampak Muhammad saat melakukan sidak (Tangerangnews / Moeksa)


Reporter : Bastian

TANGSEL
-Petugas gabungan dari Pemkot Tangsel menemukan makanan mengandung bahan kimia berbahaya. Dari 20 sample jenis makanan yang diuji enam tidak layak konsumsi.

Temuan bahan makanan tidak layak konsumsi  ini diketahui saat sidak Disperindag, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangsel serta BPOM Provinsi Banten di Pasar Ciputat.

"Hasil uji laboratorium terdapat makanan mengandung borax, rhodamin dan formalin," ucap Muhammad, Kepala Disperindag Kota Tangsel, Rabu (24/7).

Jenis makanan yang mengandung bahan berbahaya diantaranya,  cincau hitam, tahu putih, mie basah kuning, garam, pacar cina serta kerupuk pasir.

"Masih marak beredar,  bahan makanan mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh manusia," katanya.

Menurutnya, sample tersebut diambil dari 11 pedagang. Namun, pedagang mengaku tidak mengetahui jika barang yang dijualnya mengandung bahan kimia.

"Kami memberikan pemahaman kepada pedagang untuk tidak menjual makanan yang mengandung bahan kimia," terangnya.

Kepala Seksi Penyidikan Makanan dan Layanan Informasi BPOM Banten,  Dianing Pratiwi menuturkan,  penyalahgunaan barang berbahaya dapat mengakibatkan penyakit pada  tubuh manusia. Dan memang jenis makanan yang positif mengandung zat berbahaya hanya satu hari.

"Hasil uji makanan yang positif dilarang untuk dijual dan tidak layak dikonsumsi manusia karena dapat membahayakan organ tubuh," katanya. (MR)

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
Buaya Sepanjang 2 Meter Masuk Ke Perumahan Pondok Arum Tangerang

Buaya Sepanjang 2 Meter Masuk Ke Perumahan Pondok Arum Tangerang

Kamis, 9 Mei 2024 | 17:50

Buaya sepanjang 2 meter berhasil ditangkap petugas BPBD Kota Tangerang setelah masuk ke Perumahan Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci, kota Tangerang.

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill