Connect With Us

100 Pelaku UMKM di Tangsel Diajari Digital Entrepreneurship

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 15 Februari 2022 | 20:54

Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tangsel mengikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Grand Zuri Hptel, Serpong, Selasa, 15 Febriari 2022. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tangsel mengikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Grand Zuri Hptel, Serpong, Selasa, 15 Febriari 2022.

Pelatihan ini merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Balai Besar Pengembangan Sumbar Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Kota Bandung yang memberi materi.

“Program DEA merupakan pelatihan yang menjadi stimulan bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan kompetensi serta talenta digital, dalam mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia,” ujar Plt. Kepala Dinas Kominfo Tangsel Tubagus Asep Nurdin.

Menurutnya, kegiatan tersebut tak hanya diperuntukkan bagi pelaku UMKM saja. Terdapat juga jenis pelatihan lain yang dapat diikuti oleh masyarakat luas. Total ada kurang lebih 17 program.

“Tapi memang sekarang ini untuk UMKM-nya, yakni Digital Scholarship Academy. Namun nanti ada juga pelatihan, misalnya seperti Media Sosial Analytics dan lainnya. Untuk masyarakat, lalu bukan hanya diikuti secara offline tapi ada juga program onlinenya," terang Asep.

Asep menyatakan kegiatan pelatihan ini sangatlah bermanfaat khususnya untuk meningkatkan kemampuan diri dalam era globalisasi ini. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini, akan menerima sertifikat yang sangat berguna. 

"Misalnya teman-teman di Tangsel membutuhkan sertifikat networking atau jaringan komputer, nah itu bisa. Ada programnya lagi, nanti terkait program networking-nya. Jadi ada 17 program dan ini beda-beda," paparnya. 

Kepala BPSDMP Kominfo Kota Bandung Betty Djuliati menerangkan bahwa DEA ini merupakan salah satu pelatihan yang tersaji dalam program bertajuk Digital Talent Scholarship (DTS). 

Selain DEA, ada tujuh jenis kegiatan lain yang juga memiliki tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat. 

"Jadi kami memiliki program bernama Digital Talent Scholarship. Ada delapan jenis akademi dan Pemkot Tangsel ini menjadi kota terpilih," katanya.

Delapan akademi tersebut di antaranya Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA) ProA (Professional Academy), serta Fresh Graduate Academy (FGA). 

Lalu ada juga Talent Scouting Academy (TSA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Leadership Academy (DLA), dan Vocational School Graduate Academy (VSGA).

KAB. TANGERANG
Jangan Abai, Dokter Tangerang Jelaskan Krusialnya Penanganan 60 Menit Pertama Serangan Jantung 

Jangan Abai, Dokter Tangerang Jelaskan Krusialnya Penanganan 60 Menit Pertama Serangan Jantung 

Jumat, 14 Juni 2024 | 19:29

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia, terutama di kalangan usia produktif.

MANCANEGARA
Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Jumat, 31 Mei 2024 | 13:01

Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan New York pada Kamis sore.

NASIONAL
Kerja Sama dengan World Bank, PLN Dapat Kucuran Dana 581 Juta Dolar

Kerja Sama dengan World Bank, PLN Dapat Kucuran Dana 581 Juta Dolar

Jumat, 14 Juni 2024 | 10:15

PT PLN (Persero) telah menjalin kerja sama pendanaan dengan World Bank, Canada Clean Energy & Forest Climate Facility, dan Clean Technology Fund dengan total dana sebesar 581,5 juta dolar Amerika Serikat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill