Connect With Us

Turap Bocor Jadi Penyebab Perumahan BPI Pamulang Tangsel Terendam Banjir Nyaris 1 Meter

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 7 Desember 2023 | 01:00

Kondisi banjir di Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI), Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Rabu 6 Desember 2023, malam. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI) yang berlokasi di Kelurahan Pamulang Timur dan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel terendam banjir usai diguyur hujan deras, Rabu 6 Desember 2023, sore.

Untuk di BPI wilayah Pamulang Timur, banjir setinggi 30 sampai 90 sentimeter merendam pemukiman di RW 04 yang ditinggali 60 KK. Sementara di BPI, RW 09, Pamulang Barat, sebanyak 80 KK terdampak banjir dengan ketinggian 30 sampai 70 sentimeter.

Agung Nugraha, Ketua RW 09, Perumahan BPI mengatakan awalnya air naik sekitar pukul 17.00 WIB karena hujan deras. Namun banjir sempat surut sampai tinggal semata kaki.

"Tapi tiba-tiba sekitar pukul 19.00 WIB, air naik lagi gara-gara banjir kiriman dari Kali Sasak. Naiknya makin tinggi sampai 90 meter, yang paling parah di RT 01 yang dekat tandon,"  ujarnya kepada TangerangNews.com di lokasi.

Menurutnya banjir tahun ini merupakan yang terparah dibanding tahun 2020 lalu. Padahal selama tiga tahun terakhir, BPI ini tidak pernah banjir.

"Awalnya perumahan ini tidak pernah banjir, terkahir tahun 2020, tapi tinggi air paling cuma sepertiganya dibanding yang hari ini," terang Agung.

Dikatakan Agung, hal ini terjadi karena turap kali mengalami kebocoran. Sedangkan selama musim kemarau kemarin, tidak dilakukan pengecekan maupun berbaikan sebagai langkah antisipasi oleh pemerintah daerah setempat. 

"Turap sudah dibangun 1 meter, kalau lihat kondisinya permukaan air kali belum sampai melewati turap. Tapi ada keretakan pada beton yang menyebabkan bocor saat volume air tinggi," pungkasnya.

Karena itu ia meminta kepada Pemkot Tangsel untuk segera memperbaiki turap kali yang bocor tersebut.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

KOTA TANGERANG
Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23, Ini Lokasi Nobarnya di Kota Tangerang 

Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23, Ini Lokasi Nobarnya di Kota Tangerang 

Minggu, 28 April 2024 | 12:45

Tim nasional (Timnas) Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill