Connect With Us

Turap Bocor Jadi Penyebab Perumahan BPI Pamulang Tangsel Terendam Banjir Nyaris 1 Meter

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 7 Desember 2023 | 01:00

Kondisi banjir di Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI), Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Rabu 6 Desember 2023, malam. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI) yang berlokasi di Kelurahan Pamulang Timur dan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel terendam banjir usai diguyur hujan deras, Rabu 6 Desember 2023, sore.

Untuk di BPI wilayah Pamulang Timur, banjir setinggi 30 sampai 90 sentimeter merendam pemukiman di RW 04 yang ditinggali 60 KK. Sementara di BPI, RW 09, Pamulang Barat, sebanyak 80 KK terdampak banjir dengan ketinggian 30 sampai 70 sentimeter.

Agung Nugraha, Ketua RW 09, Perumahan BPI mengatakan awalnya air naik sekitar pukul 17.00 WIB karena hujan deras. Namun banjir sempat surut sampai tinggal semata kaki.

"Tapi tiba-tiba sekitar pukul 19.00 WIB, air naik lagi gara-gara banjir kiriman dari Kali Sasak. Naiknya makin tinggi sampai 90 meter, yang paling parah di RT 01 yang dekat tandon,"  ujarnya kepada TangerangNews.com di lokasi.

Menurutnya banjir tahun ini merupakan yang terparah dibanding tahun 2020 lalu. Padahal selama tiga tahun terakhir, BPI ini tidak pernah banjir.

"Awalnya perumahan ini tidak pernah banjir, terkahir tahun 2020, tapi tinggi air paling cuma sepertiganya dibanding yang hari ini," terang Agung.

Dikatakan Agung, hal ini terjadi karena turap kali mengalami kebocoran. Sedangkan selama musim kemarau kemarin, tidak dilakukan pengecekan maupun berbaikan sebagai langkah antisipasi oleh pemerintah daerah setempat. 

"Turap sudah dibangun 1 meter, kalau lihat kondisinya permukaan air kali belum sampai melewati turap. Tapi ada keretakan pada beton yang menyebabkan bocor saat volume air tinggi," pungkasnya.

Karena itu ia meminta kepada Pemkot Tangsel untuk segera memperbaiki turap kali yang bocor tersebut.

TANGSEL
4 Orang Jadi Tersangka Bullying Binus School Serpong Tangsel, Salah Satunya Alumni

4 Orang Jadi Tersangka Bullying Binus School Serpong Tangsel, Salah Satunya Alumni

Jumat, 1 Maret 2024 | 19:30

Sebanyak 4 orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus bullying di Binus Internasional Serpong, oleh Polres Tangerang Selatan (Tangsel).

HIBURAN
Viral Warga Kejar Sosok Kuyang, Diduga Incar Ibu Hamil

Viral Warga Kejar Sosok Kuyang, Diduga Incar Ibu Hamil

Jumat, 1 Maret 2024 | 10:35

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan aksi sejumlah warga melakukan pengejaran terhadap sesosok kuyang.

BISNIS
Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Jumat, 1 Maret 2024 | 20:06

PT Bank Central Asia (BCA) menargetkan dapat memberikan 2.000 sertifikasi halal secara gratis kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tahun 2024. Hal ini untuk mendukung produk UMKM bisa diekspor ke berbagai negara.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill