Connect With Us

Pemkot Tangsel Dorong Lebih Banyak Warga Teribat Bank Sampah dan TPS3R

Yanto | Rabu, 22 Mei 2024 | 22:56

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengunjungi Bank Sampah Asoka, Kelurahan Buaran, Serpong, Rabu 22 Mei 2024. (@TangerangNews / Yanto)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus mendorong masyarakat terlibat, baik lewat program bank sampah maupun Tempat Pengelolaan Sampah Reuse-Reduce-Recycle (TPS3R).

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan mengatakan program bank sampah ini cukup efektif dalam pengelolaan sampah apabila banyak masyarakat yang melakukannya.

"Jadi kalo TPS3R yang aktif ada 30-an dibantu dengan bank sampah. Saya berharap ke LH untuk melihat mana TPS3R yang aktif, apabila ada alatnya yang rusak segera ganti yang baru dan ajak partisipasi masyarakat. TPS3R tidak berjalan tanpa partisipasi aktif masyarakat," ucapnya saat mengunjungi Bank Sampah Asoka, Kelurahan Buaran, Serpong, Rabu 22 Mei 2024

Menurut, Pilar berdasarkan perhitungan, pengurangan tonase sampah apabila keseluruhan RW memiliki bank sampah dan TPS3R sangatlah besar. Terutama bermanfaat dalam pemilahan sampah organik dan anorganik.

"Jadi sebenarnya lumayan pengaruhnya, organik dan anorganik. Anorganik itu kan bisa didaur ulang, punya nilai jual pula, sedangkan organik kan bisa jadi pupuk, eco enzim dan sebagainya," kata Pilar.

Pilar mencontohkan bahwa dirinya juga aktif dalam keterlibatan bank sampah di lingkungannya. 

"Sama saya juga di rumah juga aktif di bank sampah. Kita juga pilah sampah ada tiga tempat sampah, lalu dipilah dan diangkut oleh pihak lain," tutupnya.

Pilar pun mengapresiasi masyarakat yang aktif dalam pengelolaan sampah lewat program bank sampah. Sebab, permasalahan sampah harus menjadi tanggung jawab bersama.

"Mereka bisa menjadi penghasil sampah itu sendiri. Jadi, mudah-mudahan warga lain terketuk hatinya untuk aktif di bank sampah," ucap Pilar.

BANTEN
Listrik Andal Selama Perayaan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah di Banten 

Listrik Andal Selama Perayaan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah di Banten 

Senin, 17 Juni 2024 | 16:52

Perayaan Hari Raya Idul Adha 2024 di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Banten berlangsung dengan lancar dan aman, sehingga masyarakat dapat melaksanakan salat dan kegiatan kurban pada Senin, 17 Juni 2024.

TEKNO
Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Jangan Beli Infinix Note 40 Sebelum Baca 11 Fitur Unggulannya, Nomor 6 Mirip iPhone 

Selasa, 11 Juni 2024 | 10:27

Infinix Note 40 menjadi merupakan salah satu seri ponsel terbaru dari Infinix, Note 40 menawarkan sejumlah fitur menarik yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill