Connect With Us

Kirana Ashawidya Baskara, Siswi SMA Tangsel Terpilih Jadi Paskibraka Nasional 2024

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 24 Juni 2024 | 17:26

Kirana Ashawidya Baskara, siswi SMA Labschool Cirendeu Kota Tangsel yang terpilih sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kirana Ashawidya Baskara, siswi SMA Labschool Cirendeu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terpilih sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat tahun 2024.

Gadis yang akrab disapa Asha ini mewakili Kota Tangsel dan Provinsi Banten dalam seleksi tingkat nasional yang berlangsung ketat.

Lahir pada 13 Juni 2008 di Tangsel, Asha yang kini berusia 16 tahun memiliki cita-cita menjadi Dokter Gizi. Namun, selama menjadi pelajar ia kerap menjadi pasukan pengibar bendera pusaka di sekolahnya.

Perjalanan Asha menuju Paskibraka tingkat nasional tidaklah mudah. Ia harus melalui serangkaian tahapan seleksi yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga pusat.

"Saya sangat bangga bisa mewakili Provinsi Banten di tingkat nasional. Ini adalah kesempatan yang sangat berharga," ujar Asha, Senin 24 Juni 2024.

Seleksi awal mengharuskan Asha memenuhi kriteria fisik tertentu, termasuk tinggi badan minimal 165 sentimeter untuk putri.

Selain itu, ia juga menjalani tes kesehatan fisik yang ketat seperti berlari selama 12 menit, melakukan push-up, sit-up, dan shuttle run.

"Tes fisik sangat menantang, tetapi saya terus berlatih agar bisa lolos," kata Asha.

Tak hanya tes fisik, Asha juga menghadapi wawancara tentang kewarganegaraan, akademik, tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) dan kemampuan baris-berbaris.

"Persiapan mental dan akademik juga sangat penting. Saya banyak belajar tentang sejarah dan nilai-nilai kebangsaan," tambahnya.

Kerja keras dan dedikasi Asha akhirnya membuahkan hasil. Remaja yang memiliki hobi panahan dan menggambar ini berhasil lolos seleksi dan akan mewakili Provinsi Banten di tingkat nasional, bersama Naufal Gibran Ahmadinezad Kuswara, perwakilan dari Kabupaten Serang.

Keberhasilan Asha tidak hanya menjadi kebanggaan bagi dirinya sendiri tetapi juga bagi keluarga, sekolah, dan masyarakat Kota Tangerang Selatan.

Sebagai calon Paskibraka, Asha akan mengikuti pelatihan lebih lanjut dan persiapan untuk menjalankan tugas mulia dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Saya berterima kasih dan memohon dukungan semua pihak dan secara pribadi terus mempersiapkan diri memberikan yang terbaik di upacara Hari Kemerdekaan nanti," pungkas Asha.

TEKNO
Simak Strategi Terbaik untuk Kembangkan Portofolio Kripto

Simak Strategi Terbaik untuk Kembangkan Portofolio Kripto

Jumat, 12 Juli 2024 | 18:27

Pasar cryptocurrency telah berkembang menjadi salah satu sektor investasi yang paling dinamis dan menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir.

NASIONAL
Waspada Penipuan, PLN Beri Tips Aman Layanan Kelistrikan 

Waspada Penipuan, PLN Beri Tips Aman Layanan Kelistrikan 

Minggu, 14 Juli 2024 | 12:02

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengimbau masyarakat agar waspada terhadap berbagai penipuan yang mengatasnamakan PLN.

OPINI
Bunuh Diri Jadi Tren, Butuh Solusi Paten

Bunuh Diri Jadi Tren, Butuh Solusi Paten

Minggu, 14 Juli 2024 | 19:35

Miris, bunuh diri seolah telah menjadi tren di negeri ini. Kasus ini sudah menggejala di semua usia tanpa mengenal jenis kelamin.

BANDARA
Aktor Bollywood Ditangkap Selundupkan  3 Ekor Hewan Dilindungi di Bandara Soetta

Aktor Bollywood Ditangkap Selundupkan 3 Ekor Hewan Dilindungi di Bandara Soetta

Kamis, 4 Juli 2024 | 18:00

Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengamankan aktor film Bollywood atas aksi penyelundupan hewan yang dilindungi, Kamis 04 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill