Jumat, 17 Mei 2024

Simak 4 Tips Aman dan Langkah Antisipasi Kelistrikan saat Musim Hujan

PT PLN UID Banten melaksanakan apel siaga menghadapi cuaca ekstrem 2024.(@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Awal tahun 2024 dibuka dengan meningkatnya intensitas curah hujan tinggi hingga lebat di wilayah Provinsi Banten.

Untuk itu, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten membagikan sejumlah tips dan langkah antisipasi selama menghadapi cuaca ekstrem.

1. Waspadai Aktivitas di Sekitar Jaringan Listrik

Hindari melakukan aktivitas di sekitar jaringan listrik PLN ketika hujan turun. Perlu diingat bawah keselamatan merupakan prioritas utama.

2. Berada di Ruang Tertutup saat Hujan Deras

Pastikan berada di ruang tertutup jika hujan deras terjadi. Ini membantu mengurangi risiko kecelakaan terkait listrik.

3. Matikan Aliran Listrik Jika Terjadi Banjir

Jika air mulai memasuki rumah akibat hujan deras, matikan aliran listrik dari kWh meter. 

Tekan meter circuit breaker (MCB) ke arah bawah, cabut colokan listrik, dan angkat alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

4. Informasikan Potensi Bahaya

Laporkan potensi bahaya listrik atau gangguan melalui aplikasi PLN Mobile. Laporan dan informasi dari masyarakat sangat berharga bagi PLN dalam mengatasi potensi risiko.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan optimal dan pasokan listrik andal, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan.  

Misalnya saja, jika terjadi banjir petugas PLN akan segera memadamkan aliran listrik di wilayah terdampak guna menghindari potensi bahaya lainnya. 

"Selalu berhati-hati dan tetap waspada akan bahaya listrik saat memasuki musim penghujan atau cuaca ekstrem," pungkasnya.

Tags Cuaca Esktrem Listrik Tangerang Listrik Tangerang Musim Hujan Tangerang PLN Banten PLN Tangerang PT PLN Persero