Minggu, 12 Mei 2024

Lestarikan Budaya, 23 SMP di Kota Tangerang Ikut Pantun Battle

Pantun Battle yang diikuti puluhan pelajar SMP di Kota Tangerang dalam rangkaian Pentas Olahraga dan Seni (Porseni), Senin 23 Oktober 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Para pelajar dari 23 SMP di Kota Tangerang baik swasta maupun negeri mengikuti Pantun Battle dalam rangkaian Pentas Olahraga dan Seni (Porseni).

Perlombaan ini digelar di Ruang Al-Amanah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin 23 Oktober 2023. 

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Tangerang Eni Nurhaeni mengatakan lomba pantun merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya pantun di Indonesia dan khususnya Kota Tangerang.

Nantinya, para peserta akan tampil membawa masing-masing pantun dan selanjutnya akan ada battle pantun antar peserta.

"Kami ingin melestarikan pantun agar tetap ada di masyarakat. Kota Tangerang juga banyak warganya yang masih menerapkan budaya pantun ini di acara-acara seperti pernikahan dan lainnya. Jadi, generasi sekarang juga harus lebih mengenal pantun agar tetap ada hingga tahun-tahun selanjutnya," ungkapnya. 

Pantun juga harus menjadi branding di sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang. Jadi, tak hanya tentang olahraga atau pun pengetahuan lainnya, tetapi, seni dan budaya juga harus menjadi branding.

"Pemkot Tangerang memiliki program sekolah branding. Ada yang branding atlet sepak bola, atlet voli, hingga IT. Sekarang, harus ditambah juga yang brandingnya seni dan budaya salah satunya dengan pantun," lanjutnya.

Diharapkan, dengan adanya pantun battle dapat menjadi salah satu perlombaan yang rutin dilaksanakan, sehingga dapat menciptakan murid-murid yang terampil membuat pantun dan menjadi branding di sekolah.

"Kami berharap lomba ini dapat terus dilakukan dan para murid dapat membuat pantun dan menjadi branding di sekolahnya, sehingga jika ada perlombaan tingkat kota, provinsi atau nasional, sudah ada sekolah yang memang dikenal dapat membuat pantun dengan baik," harapnya.

Tags Berita Kota Tangerang Bocah SMP Kota Tangerang Pelajar Berprestasi Pelajar Tangerang Pendidikan Tangerang Sekolah Tangerang