Rabu, 1 Mei 2024

Dokter Tangerang Bagikan Tips Cara Cegah Diabetes di Usia Muda

Ilustrasi cek diabetes pada anak.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Diabetes merupakan kondisi kesehatan kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. 

Tubuh penderita diabetes tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin dengan efektif. Insulin ialah hormon yang diproduksi oleh pankreas guna membantu mengatur kadar gula darah.

Umumnya, diabetes menjangkit ke orang dengan lanjut usia (lansia). Namun, bukan tidak mungkin yang masih berusia muda dapat menjadi penderita diabetes.

Sepesialis penyakit dalam dari RSU Hermina Kota Tangerang dr. Winda P. Bastian, Sp.PD menjelaskan, terdapat beberapa untuk mencegah diabetes di usia muda.

"Atur pola makan tetap sehat dengan menghindari asupan gula dan juga karbohidrat sederhana," ujar dokter Winda seperti dikutip dari kanal YouTube Hermina Hospitals pada Sabtu, 13 Mei 2023.

Selain itu, hendaknya banyak mengonsumsi air putih dan menjaga berat badan tetap ideal serta menghentikan kebiasaan merokok.

"Jika kita termasuk dalam kelompok risiko tinggi, kita wajib untuk skrining berkala dan konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam," pungkasnya.

Tags Diabetes Diabetes Anak Dokter Tangerang Ikatan Dokter Indonesia Tips Kesehatan