Jumat, 17 Mei 2024

Kebakaran TPA Rawa Kucing Kembali Membesar, 34 Warga Dievakuasi 

Kondisi api kebakaran di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang kembali membesar, Sabtu, 21 Oktober 2023.(@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang kembali membesar, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Padahal, sebelumnya intensitas api kebakaran sudah mulai terkendali. Namun, angin kencang kembali memicu nyala api hingga merambat ke pembatas jalan.

Bahkan, salah satu kendaraan mobil milik petugas ikut dilalap kobaran api.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan, kondisi cuaca panas kemarau saat ini sangat menyulitkan upaya pemadaman.

"Penanganan siang ini cukup penuh perjuangan, karena melawan kecepatan angin yang tak bisa diperkirakan," ungkapnya.

Menurutnya, kendala cuaca, luasan area, serta medan atau pijakan yang mudah amblas menjadi penyebab api tak kunjung dapat dipadamkan sejak Jumat, 20 Oktober 2022, siang.

Kendati demikian, Maryono memastikan petugas akan terus melakukan upaya mulai dari pemadaman dengan air, pengerukkan sampah dengan alat berat, hingga mengambil tindakan evakuasi untuk warga sekitar.

"Api dari arah pintu tiga melebar terbawa angin dengan cukup cepat mendekati pemukiman," katanya.

Terkait pemadaman, sebanyak 534 personel gabungan OPD terkait Pemkot Tangerang dan lebih dari 59 truk tangki, alat berat dan ratusan personel masih berada di lokasi, serta bantuan waterbooming dari BNPB.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah pun menginstruksikan evakuasi terhadap para warga sekitar ke Kantor Kecamatan Neglasari guna menghindari dampak kebakaran bagi kesehatan.

"Saat ini ada 34 warga yang telah dievakuasi, 19 dewasa san 15 anak-anak," ucap Arief.

Arief pun meminta Dinas Sosial untuk memastikan ketersediaan bantuan kebutuhan masyarakat yang sedang mengungsi di kantor kecamatan.

"Kami sudah minta Dinsos untuk segera kirim bantuan terutama makanan untuk para pengungsi," tutupnya.

Tags Kebakaran Kebakaran Banten Kebakaran Tangerang Korban Kebakaran TPA Rawa Kucing