Jumat, 17 Mei 2024

BMKG Sebut Kota Tangerang Belum Masuki Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Tangerang (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah )

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah Kota Tangerang belum memasuki musim hujan secara penuh atau masih dalam masa transisi dari musim kemarau.

Hal itu berdasarkan hasil pemantauan dan analisa di Stasiun Geofisika Kelas 1 Tangerang terkait prediksi musim hujan di Kota Tangerang.

Dari hasil perhitungan Monitoring Dasarian III Oktober 2023 yang telah dilakukan, curah hujan secara umum di Kota Tangerang masih dalam kriteria “rendah”, yakni 0-50 mm hingga “menengah” diangka 150-200 mm.

Pejabat Madya PMG BMKG Maria Evi Trianasari mengatakan, prakiraan awal musim hujan di Kota Tangerang masih dalam kategori ringan, yang masih didominasi cuaca kering dengan satu atau dua kali hujan dalam sebulan.

"Terlihat, berdasarkan pemantauan yang sama, musim hujan akan dipastikan datang pada November Dasarian II untuk Kota Tangerang bagian selatan dan Desember Dasarian III untuk Kota Tangerang bagian utara,” papar Evi, Kamis, 09 November 2023.

Evi membeberkan, dalam satu pekan ke depan cuaca di Kota Tangerang diprediksi masih didominasi oleh cuaca cerah berawan. Namun, ada potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

Kendati demikian, Evi mengimbau masyarakat Kota Tangerang tetap melakukan langkah-langkah antisipasi guna mencegah dampak bencana yang ditimbulkan dari musim hujan.

"Untuk langkah antisipasi yang bisa dilakukan secara bersama-sama, seperti memastikan infrastruktur untuk mengamankan daya serap air, terutama untuk daerah-daerah yang mempunyai topografi rendah dan berada di bentaran sungai," pungkasnya.

Tags BMKG Banten BMKG Tangerang Cuaca Esktrem Cuaca Panas Cuaca Tangerang Hujan Deras Tangerang Musim Hujan Tangerang Musim Kemarau Tangerang Prakiraan Cuaca