Connect With Us

BMKG Sebut Puncak Kemarau Agustus hingga September di Tangerang 

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 8 Juli 2023 | 08:30

BMKG menunjukkan prediksi puncak kemarau di wilayah Kota Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau masih akan terjadi hingga Agustus atau September 2023 mendatang.

Hal itu berdasarkan pemantauan dan analisa di Stasiun Geofisika Kelas I Tangerang. Hasilnya, di seluruh wilayah Provinsi Banten, termasuk di Kota Tangerang akan merasakan dampak kemarau tersebut.

Pejabat Madya Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) BMKG Maria Evi Trianasari menjelaskan, dari hasil Monitoring Dasarian III Juni 2023 dapat dipastikan saat ini wilayah Kota Tangerang telah memasuki musim kemarau.

“Untuk kondisi bulan ini harusnya sudah memasuki bulan kemarau dan akan bergerak sampai puncaknya di bulan Agustus dan September," ujarnya dikutip Sabtu, 8 Juli 2023.

Kendati demikian, kondisi kemarau di Kota Tangerang tergolong tidak mencapai kekeringan ekstrem berdasarkan data Indian Ocean Dipole (IOD) berada di angka +0,9, dan Sea Surface Temperature (SST) berada di angka +1,3, atau masih dalam kategori el-nino lemah.

"Karena perhitungan menunjukkan pada kondisi el-nino yang lemah serta masih akan terdapat potensi curah hujan yang lumayan di bulan-bulan terdekat ini,” imbuhnya 

Dikatakan Evi, tidak indikasi khusus yang menunjukkan Kota Tangerang akan melalui kondisi kemarau yang parah, sehingga cenderung lebih terkendali.

Meski begitu, Evi mengimbau masyarakat khususnya Kota Tangerang tetap bersiap menghadapi musim kemarau mendatang.

Langkah-langkah antisipasi tersebut seperti, memaksimalkan cadangan dan menghemat penggunaan air, menyiapkan persediaan air (memaksimalkan waduk, situ, embung, dsb), memfungsikan infrastuktur irigasi, serta menyiapkan cadangan pangan.

"Sampai bersama-sama dengan stakeholder mengembangkan inovasi untuk mengurangi dampak el-nino di Kota Tangerang,” pungkasnya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Kunjungi CCC, Rektor UNJ Rencanakan Buka Cabang Kampus Khusus Pencak Silat di Cianjur

Kunjungi CCC, Rektor UNJ Rencanakan Buka Cabang Kampus Khusus Pencak Silat di Cianjur

Kamis, 25 Juli 2024 | 19:26

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Profesor Komarudin, bersama wakil rektor dan jajaran terkait, melakukan kunjungan ke Cugenang Community Center (CCC) di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 25 Juli 2024.

TEKNO
Awas Disalahgunakan, Cara Tambahkan Watermark pada File Foto KTP 

Awas Disalahgunakan, Cara Tambahkan Watermark pada File Foto KTP 

Rabu, 24 Juli 2024 | 17:35

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan dokumen penting yang sering diperlukan untuk berbagai proses verifikasi.

TOKOH
Innalilahi, Wapres Ke-9 Hamzah Haz Tutup Usia

Innalilahi, Wapres Ke-9 Hamzah Haz Tutup Usia

Rabu, 24 Juli 2024 | 14:18

Wakil Presiden (wapres) ke-9 Republik Indonesia, Hamzah Haz dikabarkan tutup usia pada Rabu, 24 Juli 2024 di Klinik Tegalan, sekira pukul 09.30 pagi tadi.

BANDARA
Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Jumat, 19 Juli 2024 | 19:28

Seorang mahasiswa asal Korea Selatan (Korsel) ditangkap karena berupaya menyelundupkan sebanyak 94 ekor reptil dari Indonesia ke negara asalnya, melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill