Connect With Us

BMKG Sebut Puncak Kemarau Agustus hingga September di Tangerang 

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 8 Juli 2023 | 08:30

BMKG menunjukkan prediksi puncak kemarau di wilayah Kota Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau masih akan terjadi hingga Agustus atau September 2023 mendatang.

Hal itu berdasarkan pemantauan dan analisa di Stasiun Geofisika Kelas I Tangerang. Hasilnya, di seluruh wilayah Provinsi Banten, termasuk di Kota Tangerang akan merasakan dampak kemarau tersebut.

Pejabat Madya Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) BMKG Maria Evi Trianasari menjelaskan, dari hasil Monitoring Dasarian III Juni 2023 dapat dipastikan saat ini wilayah Kota Tangerang telah memasuki musim kemarau.

“Untuk kondisi bulan ini harusnya sudah memasuki bulan kemarau dan akan bergerak sampai puncaknya di bulan Agustus dan September," ujarnya dikutip Sabtu, 8 Juli 2023.

Kendati demikian, kondisi kemarau di Kota Tangerang tergolong tidak mencapai kekeringan ekstrem berdasarkan data Indian Ocean Dipole (IOD) berada di angka +0,9, dan Sea Surface Temperature (SST) berada di angka +1,3, atau masih dalam kategori el-nino lemah.

"Karena perhitungan menunjukkan pada kondisi el-nino yang lemah serta masih akan terdapat potensi curah hujan yang lumayan di bulan-bulan terdekat ini,” imbuhnya 

Dikatakan Evi, tidak indikasi khusus yang menunjukkan Kota Tangerang akan melalui kondisi kemarau yang parah, sehingga cenderung lebih terkendali.

Meski begitu, Evi mengimbau masyarakat khususnya Kota Tangerang tetap bersiap menghadapi musim kemarau mendatang.

Langkah-langkah antisipasi tersebut seperti, memaksimalkan cadangan dan menghemat penggunaan air, menyiapkan persediaan air (memaksimalkan waduk, situ, embung, dsb), memfungsikan infrastuktur irigasi, serta menyiapkan cadangan pangan.

"Sampai bersama-sama dengan stakeholder mengembangkan inovasi untuk mengurangi dampak el-nino di Kota Tangerang,” pungkasnya.

TANGSEL
Gegara Masalah Parkir, Satpam di Pondok Aren Tangsel Jarinya Digigit Jukir Liar Sampai Putus

Gegara Masalah Parkir, Satpam di Pondok Aren Tangsel Jarinya Digigit Jukir Liar Sampai Putus

Kamis, 2 Mei 2024 | 21:22

Seorang satpam Gereja Immanuel di Jalan Maleo Raya, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), jarinya digigit hingga putus oleh juru parkir (jukir) liar.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill