Connect With Us

Hore, BMKG Prediksi Kemarau Panjang Berakhir Pada Oktober 2023

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 4 Oktober 2023 | 16:46

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat memberikan keterangan pers terkait akhir musim kemarau panjang di Jakarta, Selasa, 03 Oktober 2023 (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim kemarau panjang akan selesai pada akhir Oktober 2023.

Lalu, secara bertahap akan mulai beralih ke musim hujan pada awaln November 2023 mendatang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memaparkan, awal musim hujan diprediksi tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia lantaran tingginya keragaman iklim.

Adapun puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada Januari hingga Februari 2024. Sebab, fenomena El Nino level moderat masih akan bertahan hingga tahun depan.

"Sesuai prediksi BMKG, puncak dampak El Nino terjadi pada bulan September, namun tadi kami juga menganalisis dari data satelit yang terkini, terlihat Oktober ini nampaknya intensitas El Nino belum turun," ujar Dwikorita dalam keterangannya, Selasa 03 Oktober 2023.

Lebih lanjut Dwikorita menjelaskan, awal musim hujan memiliki kaitan dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia.

Saat ini, kata Dwikorita, Monsun Asia tengah mulai memasuki wilayah Indonesia, sehingga menjadi penyebab awalnya musim hujan pada November 2023 mendatang.

"Artinya pengaruh El Nino akan mulai berkurang oleh masuknya musim hujan sehingga diharapkan kemarau kering ini segera berakhir secara bertahap," tambahnya.

Kendati demikian, Dwikorita mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap aktivitas yang dapat memicu kebakaran di sisa akhir musim kemarau ini.

"Jadi, jangan mencoba-coba untuk dengan sengaja atau tidak sengaja untuk mengakibatkan nyala api karena pemadamannya akan sulit untuk dilakukan," pungkasnya.

OPINI
Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Setahun terakhir harga beras terus mengalami kenaikan tinggi, bahkan kenaikan harga beras di tahun 2023 nyaris 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya.

BISNIS
Kredit Kendaraan Bermotor Bisa DP 0% di BCA Expoversary 2024 ICE BSD

Kredit Kendaraan Bermotor Bisa DP 0% di BCA Expoversary 2024 ICE BSD

Kamis, 29 Februari 2024 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Bank Central Asia (BCA) menawarkan berbagai promo menarik untuk kredit kendaraan bermotor dalam event BCA Expoversary 2024 di ICE, BSD City, Tangerang selama 29 Februari hingga 3 Maret 2024.

BANTEN
Jelang Ramadan, Pemprov Banten Bakal Gelar Pasar Murah

Jelang Ramadan, Pemprov Banten Bakal Gelar Pasar Murah

Kamis, 29 Februari 2024 | 17:30

Menjelang bulan suci Ramadan 1444 Hijriah/2024 Masehi, Pemerintah Provinsi (Pempriv) Banten melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, akan menggelar pasar murah yang diselenggarakan di 8 Kabupaten/Kota di Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill