Connect With Us

Gunakan Visa Palsu, Dua WN Asing Ditangkap

| Jumat, 7 Mei 2010 | 16:54

Dua WN Iran pelaku penyelundupan. (tangerangnews / tangerangnews/dira)

 
TANGERANGNEWS– Dua warga negara Afganistan ditangkap petugas Imigrasi Internasional Bandara Soekarno-Hatta karena menggunakan visa dan paspor palsu saat berkunjung ke Indoenesia, Kamis (6/5) malam. Kedua warga negara asing tersebut adalah berinisial AL dan MH. 

"Keduanya kita amankan karena mencoba masuk ke Indonesia dengan menggunakan visa dan paspor palsu saat menjalani pemeriksaan di Border Control Management (BCM) di Terminal II D kedatangan,” kata Kepala Imigrasi Bandara Soekarno Hatta,  Dirman Sukardi, kemarin.
Dua warga negara asing tersebut, lanjut Dirman, datang ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Emirates Airlines EK 358, dengan rute Dubai-Jakarta. Selain dua WNA Afganistan, sejak diberlakukannya sistem  BCM pada awal April lalu, Kantor imigrasi Bandara Soekarno Hatta sebelumnya juga sudah mengamankan sedikitnya 44 WNA yang masuk dengan paspor dan  visa palsu.
 
"Selama sebulan difungsikan kita sudah mengamankan dan mengembalikan WNA dengan surat kelengkapan palsu ke negaranya," kata Dirman. Umumnya, WNA yang mencoba masuk ke Indonesia dengan identitas palsu tersebut berasal Asia Selatan terutama Afganistan.
 
 
Kepala Bidang Pendaratan dan Izin Masuk Kantor Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta Agus Widjaja mengatakan, alat  BCM ini sangat membantu petugas untuk mendeteksi adanya pemalsuan paspor dan visa. 
 
Kepada petugas, para pelaku pemalsud paspor tersebut mengaku, mereka bertujuan untuk ke Negara Australia melalui Indonesia. “Saat ini petugas dari Direktorat Jenderal Imigrasi sedang melakukan pengembangan dan mendalaminya, mereka mendapat kan paspor palsu dari siapa,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pengembangan aplikasi pada alat BCM untuk digunakan diseluruh bandara yang ada di Indonesia untuk mendukung upaya peningkatan kinerja dalam pelayanan pengawasan keimigrasian. “Sebab alat ini efektif,” ujarnya.(dira)
 

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill