Connect With Us

Transportasi Terintegrasi Solusi Bandara Soetta

| Senin, 17 Mei 2010 | 21:36

Ilustrasi pesawat Garuda (ok / ok)

 
TANGERANGNEWS-Pembangunan sistem transportasi publik yang terintegrasi adalah solusi untuk menyelesaikan kesemerawutan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
 
Penyebab utama kesemerawutan dan kekumuhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah ketidakmampuan mengelola pelayanan publik.
 
“Akar masalahnya adalah terlalu banyaknya penggunaan kendaraan pribadi. Inilah yang mengakibatkan parkir liar, porter liar dan sebagainya,” terang Kepala Departemen Perencanaan Kota dan Real Estate Universitas Tarumanagara Suryono Herlambang, di Jakarta, hari ini.
 
Banyaknya penggunaan kendaraan pribadi yang tidak terkontrol itu menghasilkan suatu kerumunan (crowd). “Parkir jadi berantakan, porter liar bermunculan,” tambah Herlambang.
 
Kerumunan inilah yang menyebabkan suasana Bandara Internasional Soekarno-Hatta tak jauh beda dengan terminal bus antarkota.  “Seharusnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengikuti standar bandara internasional di Singapura, Malaysia atau Thailand,” terang Herlambang.
 
Ia menambahkan bahwa salah satu indikator suatu bandara dinyatakan bertaraf internasional adalah adanya sistem transportasi publik yang terintegrasi. Dengan adanya sistem transportasi publik yang terintegrasi, baik bagi penumpang yang akan berangkat maupun yang datang, situasi kerumunan di kawasan bandara dapat berkurang. Sistem transportasi publik itu menghubungkan bandara dengan kota-kota induk asal dan tujuan penumpang, semisal Jakarta. “Kalau perlu, di kota-kota induk itu juga didesain untuk dilakukan check-in, sehingga pada saat di bandara, penumpang langsung menunggu di ruang tunggu,” imbuh Herlambang. (dira)

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill