Connect With Us

Jelang Lebaran, Penyelundupan Narkoba Meningkat 25 Persen

| Kamis, 4 Agustus 2011 | 16:47

Bea Cukai Bandara (tangerangnews / dira)



TANGERANG-Menjelang hari raya lebaran, Kantor Pengawasan Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta memprediksi adanya peningkatan upaya penyelundupan narkoba dari luar negeri ke Indonesia sebanyak 25 persen.

"Kita memprediksi upaya penyelundupan narkoba meningkat sebesar 25 persen dari biasanya. Pelaku akan memanfaatkan momen lebaran untuk mencari celah," katanya Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta Oza Olavia, Rabu (4/8).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya akan memperketat pengawasan di tiap terminal Bandara Soekarno Hatta. "Kita akan terjunkan personil untuk menutup celah-celah petugas yang kurang, sehingga peredaran narkoba bisa kita tekan," tambah Oza.

Sementara Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumirat Dwiyanto mengatakan, pihaknya menyiagakan satgas anti narkoba di 3 wilayah seperti Pelabuhan Udara, Pelabuhan Laut dan Perbatasan wilayah.

"Kita selalu melakukan pengawasan tidak hanya saat momen lebaran, tapi juga setiap waktu tanpa putus. Kita konsentrasikan petugas di tiga wilayah tersebut untuk mengantisipasi peredaran," terangnya.

Sumirat menambahkan, modus operandi para pelaku selalu berganti untuk mengelabuhi petugas. Untuk itu, pihaknya juga bekerja sama dengan instansi terkait serta pengusaha jasa pengiriman barang seperti Asperindo, untuk mencegahp penyelundupan melalui pake-paket kiriman barang.
"Ada sebayak 150 perusahaan dibawah naungan Asperindo. Kita mengusulkan perketat proses pengiriman barang dimana pengirim barang harus meninggalkan KTP. Namun ini juga masih sulit, karena biasanya pelaku menggunakan KTP palsu, atau meminjam tempat untuk menerima barang," tandasnya.(RAZ)
WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TANGSEL
Jukir Liar Gigit Jari Satpam Sampai Putus di Pondok Aren Tangsel Terancam 5 Tahun Penjara

Jukir Liar Gigit Jari Satpam Sampai Putus di Pondok Aren Tangsel Terancam 5 Tahun Penjara

Jumat, 3 Mei 2024 | 16:00

Iwan Misanto alias Botol, juru parkir (jukir) liar di kawasan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang menggigit jari satpam sampai putus karena masalah parkir, telah ditangkap Polisi dan ditetapkan tersangka.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill