Connect With Us

609 Kura-kura Moncong Babi Selundupan Kembali ke Indonesia

| Rabu, 5 Oktober 2011 | 19:48

Kura-kura moncong babi. (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Sebanyak 609 kura-kura moncong babi dari Papua, dikembalikan dari Hongkong ke Indonesia. Hewan langka ini sebelumnya diselundupkan secara ilegal.

Kura-kura tersebut kembali ke Indonesia pada Rabu (5/10/2011) sekitar pukul 13.00 WIB. Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta, Musyaffak Fauzi mengatakan, kura-kura itu diselundupkan ke luar negeri pada Januari 2011.

"Ini terbesar selama 2011. Binatang ini termasuk apendik satu, sangat dilindungi," kata Musyaffak, ketika ditemui di kantor Bea dan Cukai Bandara seusai kura-kura moncong putih itu tiba di Jakarta.

Menurut dia, proses komunikasi berlangsung memang cukup panjang untuk mengembalikan hewan langka ini. Butuh penyelidikan, sehingga harus menunggu berapa bulan.

"Apalagi yang membiayai repatriasi adalah pemerintah Hongkong," terangnya.

Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, yang diwakili Nunu Anugerah mengatakan, 609 kura-kura ini akan dilepas kembali di Papua Selatan, pada Rabu malam (5/10).

"Ini merupakan kerjasama baik untuk tetap menjaga spesies binatang yang dilindungi. Kalau di Papua memang tidak mahal, tapi kalau sampai musnah jelas merugikan Indonesia. Apalagi di Hongkong untuk obat saja," katanya.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Oza Olavia mengaku belum tahu siapa pelaku penyelundupan dan dari mana kura-kura ini diselundupkan. Namun yang jelas, pengembaliannya lewat Soekarno Hatta.

"Kita ini banyak mengawasi. Sampai saat ini kita belum tahu, apakah lewat Bandara Soekarno-Hatta atau bukan. Kita juga tidak tahu apakah yang mereka deklarasi, atau memang mereka tidak membuat deklarasi ekspornya," tuturnya. (DRA)

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill