Connect With Us

Penting, Simak 6 Tips Aman Mudik Pakai Motor

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 19 April 2023 | 10:03

Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu 27 April 2022. BMKG Jumat ini mengeluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia. (@TangerangNews / Antara)

TANGERANGNEWS.com- Memasuki masa cuti bersama libur lebaran 2023, para pemudik mulai memadati jalur-jalur area arus mudik.

Salah satunya seperti puluhan pemudik yang mengendarai sepeda motor untuk menyeberang ke Pulau Sumatra melalui Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten.

Dalam video unggahan @info_ciledug, tampak para pemudik yang mengendarai sepeda motor membawa barang bawaan dan beberapa berboncengan, Rabu 19 April 2023, dini hari.

Mudik menggunakan sepeda motor kerap dipilih para pemudik lantaran dinilai tidak memakan biaya yang terlalu besar. Selain itu, sepeda motor dianggap lebih menunjang mobilitas untuk melewati jalur-jalur alternatif apabila terjadi kemacetan di jalur utama.

Berikut adalah tips aman mudi menggunakan sepeda motor:

1. Pastikan motor dalam kondisi prima

Periksa kondisi mesin, kelistrikan, ban, rem, dan sistem kelistrikan sepeda motor Anda. Pastikan semua berfungsi dengan baik sebelum berangkat. Perjalanan yang jauh membutuhkan kendaraan yang prima untuk menghindari kerusakan di tengah jalan.

2. Persiapkan perbekalan yang cukup 

Bawa air minum, makanan ringan, dan obat-obatan yang diperlukan, seperti obat sakit kepala atau obat perut. Selalu perhatikan kondisi kesehatan Anda selama perjalanan.

3. Pakai perlengkapan keselamatan

Pakai helm yang sesuai dengan standar keselamatan, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman dan aman. Pastikan Anda memakai pakaian yang terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain di jalan.

4. Pilih rute yang aman

Pilih rute yang aman dan sesuai dengan kemampuan mengemudi Anda. Pastikan Anda mengetahui kondisi jalan, seperti keadaan cuaca dan kondisi lalu lintas, sebelum berangkat.

5. Istirahat dan tidur cukup

Istirahat dan tidur cukup sebelum melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Jangan terlalu memaksakan diri dan berhenti sejenak untuk istirahat dan merilekskan tubuh saat merasa lelah.

6. Patuhi aturan lalu lintas

Selalu patuhi aturan lalu lintas dan jangan terlalu mengebut di jalan. Pastikan Anda selalu berada pada jalur yang aman dan menghindari kecelakaan yang bisa terjadi.

Perlu diingat bahwa keselamatan adalah yang terpenting. Pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi kendaraan, diri sendiri, dan lingkungan sekitar saat melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor.

KOTA TANGERANG
Awas! Data Pribadi Bisa Diam-diam Dipakai untuk Daftar Pinjol, Begini Cara Ceknya

Awas! Data Pribadi Bisa Diam-diam Dipakai untuk Daftar Pinjol, Begini Cara Ceknya

Jumat, 12 Juli 2024 | 17:38

Penggunaan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Pengenal (KTP), nomor ponsel, serta alamat pribadi tanpa izin untuk melakukan pengajuan pinjaman online (pinjol) tengah marak terjadi.

BANTEN
Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, YBM PLN Banten Gelar Program Khitanan Sehat 

Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, YBM PLN Banten Gelar Program Khitanan Sehat 

Kamis, 11 Juli 2024 | 12:26

Dalam rangka menyambut bulan Muharram 1446 Hijriyah, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mengadakan Program Khitanan Sehat dengan tema “Muharram Berbagi untuk Generasi Berprestasi.”

OPINI
Lumpuhnya Peran Keluarga dalam Belenggu Sistem Biang Bencana

Lumpuhnya Peran Keluarga dalam Belenggu Sistem Biang Bencana

Senin, 8 Juli 2024 | 15:36

Sering sekali konfilk terjadi di ranah keluarga, tak luput pula banyaknya berita terkait pencabulan yang dilakukan oleh ayah kandung, KDRT yang dialami oleh istri, atau bahkan kasus lainnya.

BANDARA
Aktor Bollywood Ditangkap Selundupkan  3 Ekor Hewan Dilindungi di Bandara Soetta

Aktor Bollywood Ditangkap Selundupkan 3 Ekor Hewan Dilindungi di Bandara Soetta

Kamis, 4 Juli 2024 | 18:00

Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengamankan aktor film Bollywood atas aksi penyelundupan hewan yang dilindungi, Kamis 04 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill