Connect With Us

Pembangunan Waduk Karian Atasi Kekeringan Jangka Panjang

| Rabu, 18 Juli 2012 | 18:27

Rano Karno (tangerangnews / dira)


 
SERANG- Pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak dan Waduk Sindangheula di Kabupaten Serang bisa mengatasi kekeringan yang melanda Banten untuk jangka panjang. Untuk itu, pembangunan dua waduk itu harus bisa terus didorong agar bisa terealisasi.
 
Wakil Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, dua waduk yang akan dibangun itu menjadi solusi yang paling tepat untuk menghindari Banten mengalami krisis air baku.
 
"Memang sangat diharapkan ke dua waduk itu segera terealisai pembangunannya, untuk mencegah kekurangan air di Banten dan sekitarnya," kata Rano.
 
Menurut Wagub, pembangunan waduk Sindang Heula sudah menelan dana bersumber dari APBD tahun 2010, sebesar Rp5 miliar yang dipergunakan untuk membebaskan lahan.
 
  “Saat ini perlu langkah konkret, mengingat betapa sangat pentingnya fungsi dan manfaat keberadaan waduk tersebut,” katanya.
 
Terkait kekeringan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pemprov Banten Agus M Tauchid mengungkapkan  akibat musim kemarau setidaknya terdapat 18.458 hektare sawah di Banten dilanda kekeringan. “Dari jumlah tersebut ada 20 persen yang terancam puso," katanya.
 
Langkah untuk mengatasi kekeringan itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman Pemprov Banten, akan menyiapkan pompa air keliling ke sawah-sawah yang mengalami kekeringan dan dekat dengan sumber air. “Paling tidak, apa yang kami lakukan dapat meminalisir kekeringan yang terjadi di beberapa Kabupaten di Banten," katanya. (TMN)

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

Jumat, 17 Mei 2024 | 16:06

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill