Connect With Us

7 Rahasia Karir, Usaha dan Keuangan Membaik di Tahun 2024

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 14 November 2023 | 16:02

Coach Rendi. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pada tanggal 21 Juni 2023, Presiden Joko Widodo telah secara resmi mengumumkan resmi mencabut status Pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia pun turut memperlihatkan tren yang membaik di angka 4,94% (yoy) di Triwulan ke III tahun 2023, walaupun sedikit melambat dari pertumbuhan Triwulan sebelumnya yang mencapai angka 5,17%.

Namun banyak pihak optimis untuk angka pertumbuhan ekonomi di Indonesia biasa terus bertumbuh di tahun 2024.

Coach Rendi, mentor bidang bidang karir dan wirausaha mengatakan tahun 2024 akan menjadi tahun Pesta Demokrasi di Indonesia, dimana hal ini diprediksi dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia dari berbagai sisi, baik sisi Dunia Usaha maupun Dunia Industri.

Akan banyak sekali pihak yang dapat mendapatkan manfaat dari adanya Pesta Demokrasi ini jika kita bias mencari dan melihat potensi dan peluangnya.

"Pilihannya adalah apakah kita hanya ingin menjadi penonton saja, atau kita ingin juga mendapatkan dampak dari Pesta Demokrasi yang akan dating dan pasca pencabutan status Pandemi Covid-19 di Indonesia," katanya, Selasa 14 November 2023.

Lakukan hal ini jika ingin mendapatkan manfaat dari seluruh peluang dan potensi yang akan hadir di tahun 2024. Berikut ini tips-tips dari Coach Rendi:

 

1. Tentukan Target dan Tujuan

Banyak orang memiliki prinsip “Hiduplah Seperti Air Mengalir”, namun hal ini justru akan membawa ke arah yang tidak jelas dan tidak menentu dan seakan akan tidak jelas dan apa yang akan dilakukan.

Untuk itu mulailah dengan membuat apa target dan tujuan utama di tahun 2024.

Buatlah target dan tujuan yang dapat diukur dengan jelas sehingga dapat terus di monitor sudah sejauh mana progress atau perkembangan yang kita lakukan, pada setiap bulan atau dalam periode waktu tertentu.

 

2. Ketahui, Petakan dan Analisa Potensi serta Peluang untuk Dirimu  

Melakukan analisa potensi diri dan peluang diri sangatlah penting jangan sampai lupa bahwa setiap diri seseorang memiliki yang namanya kekuatan dan kelemahan diri, bakat, passion, dan kemampuan yang dapat dimaksimalkan, untuk mendapatkan peluang peluang dalam peningkatan karir, usaha serta keuangan.

Saat ini sudah banyak sekali metode dan tools yang dapat membantu kita dalam mengetahui, memetakan dan menganalisa potensi diri sehingga kita bisa menentukan apa yang menjadi penting dan prioritas untuk diri kita, dalam melakukan aktivitas dalam menggapai tujuan.

 

3. Investasi Diri

Masih banyak dari kita yang tidak mau melakukan investasi diri terutama, investasi yang dirasa abstrak atau tidak jelas wujud atau bentuknya atau sesuatu yang tidak bisa dirasakan langsung oleh indera perasa dalam diri kita.

Contohnya seperti investasi pendidikan, pengetahuan, pengalaman, informasi, relasi dan lainnya. Banyak dari kita memilih untuk investasi kepada hal hal yang memiliki wujud seperti uang, barang berharga, rumah dan lainnya.

Investasi diri memang sesuatu hal yang akan dapat merubah diri kita ketika kita tau dan mau melakukan investasi diri secara tepat. 

Salah satu investasi diri terbaik adalah menambah informasi, kompetensi diri, relasi dan mentor di bidang yang kita fokuskan dan geluti.

 

4. Memiliki Coach dan Mentor

Coach akan membantu memaksimalkan potensi diri kita untuk bisa mencapai target dan tujuan yang akan kita capai. Seperti yang sebelumnya sudah dituliskan, setiap diri kita pasti memiliki yang namanya potensi, kemampuan, dan juga bakat nya masing masing. 

Coach akan terus mengingatkan apa yang menjadi tujuan kita. Coach akan terus mengasah dan memaksimalkan diri kita untuk bisa mencapai target kita. Coach akan terus melakukan upaya untuk kita bisa menggunakan seluruh kemampuan dan potensi diri kita.

Sedangkan Mentor akan memberikan arahan, masukan, strategi untuk mencapai apa yang menjadi tujuan dan target diri kita. Mentor akan memberikan informasi berdasarkan keilmuan dan juga pengalaman yang dimilikinya.

Mentor akan terus memberikan alternatif solusi dari apa masalah yang kita miliki berdasarkan peluang, potensi, keilmuan dan pengalamannya.

Untuk itu memiliki Mentor dan Coach akan sangat penting dan bermanfaat untuk diri kita terus tumbuh, berkembang dan menggapai apa yang kita cita citakan.

Setiap orang yang memiliki pertumbuhan yang pesat dan setiap orang yang juga memiliki prestasi yang luar biasa pasti memiliki mentor dan juga coach didalam hidupnya.

 

5. Perluas Relasi dan Komunitas 

Relasi dan komunitas akan sangat sangat menentukan bagaimana cara kita berfikir, berperilaku dan menilai dari suatu hal.

Berada ditempat atau lingkungan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan tentu akan membawa diri kita lebih mudah dan cepat untuk berkembang, begitupula jika kita tidak tepat dalam memilih relasi dan Komunitas.

Tentu apa yang menjadi cita cita kita akan sulit dan terasa lama untuk tercapai. Untuk itu mencari relasi dan komunitas yang tepat pun butuh banyak rekomendasi baik dari mentor maupun dari coach diri.

 

6. Portofolio Dulu, Profit Kemudian 

Kebanyakan ketika kita sudah mendapatkan pekerjaan atau mendapatkan project untuk usaha kita, kita langsung berupaya untuk mendapatkan benefit secara material dengan setinggi-tingginya.

Tentu hal ini akan menjadi penghambat jika kamu memiliki pemikiran seperti ini. Diawal tentu kamu butuh yang namanya pengalaman dan portofolio sehingga buatlah pekerjaan atau project pertama mu dengan sebaik-baiknya, tanpa melihat berapapun nilai rupiah dari pekerjaan atau project tersebut.

 

7. Diskusikan dan Minta Pendapat

Lakukan hal ini untuk kamu dapat mempertimbangkan apakah apa yang akan kamu lakukan atau apakah target dan tujuan yang kamu buat apakah realistis atau tidak, apakah sudah cukup jelas atau tidak, apakah sudah cukup bermanfaat atau tidak.

Diskusi tersebut bisa kamu lakukan dengan lingkungan terdekat kamu ataupun keluargamu. Namun lagi lagi kamu akan membutuhkan sosok seorang coach atau mentor dalam melakukan diskusi ini.

Untuk mengenal lebih lanjut dengan Coach Rendi dan berkomunikasi lebih lanjut mengenai Karir, Wirausaha dan Keuangan mu dengan Coach Rendi dapat follow akun instagram @coachrendi atau WhatsApp ke 0878-8493-1875.

TANGSEL
Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 12:08

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel tahun 2024, tinggal menghitung beberapa bulan lagi. Namun sejauh ini, belum tampak ada tanda-tanda kandidat penantang sang petahana, Benyamin Davnie.

KOTA TANGERANG
Peringatan May Day, Ratusan Buruh di Kota Tangerang Ikut Senam dan Bagi-Bagi Doorprize

Peringatan May Day, Ratusan Buruh di Kota Tangerang Ikut Senam dan Bagi-Bagi Doorprize

Rabu, 1 Mei 2024 | 17:01

Dalam rangka Hari Buruh (May Day) yang diperingati 1 Mei, ratusan perwakilan buruh dan serikat pekerja mengikuti kegiatan senam hingga pembagian doorprize di Kota Tangerang.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill