Connect With Us

Dompet Anti Kering, Simak 4 Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman Setelah Liburan

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 29 Oktober 2022 | 08:45

Ilustrasi liburan. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pascapandemi sejumlah peraturan telah diperlonggar sehingga industri wisata telah kembali memulai aktivitasnya. Terlebih mendekati akhir tahun 2022 banyak orang yang telah merencanakan berlibur seperti travelling.

Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life (PT Asuransi Jiwa Astra) Windy Riswantyo mengatakan, dalam merancang rencana liburan, masyarakat perlu lebih bijaksana dan melakukan perencanaan yang tepat agar keuangan tetap terjaga. 

Untuk itu, ia memberikan 4 tips perencanaan keuangan agar masyarakat tetap dapat liburan dengan tenang seperti dilansir dari kompas.com, Sabtu, 29 Oktober 2022.

1. Alokasi anggaran dan susun itenerary 

Dalam melakukan travelling perlu untuk menyiapkan pos keuangan khusus, hal demikian agar tidak bercampur dan mengganggu dengan pos keuangan lainnya.

Cara awal yang direkomendasikan adalah dengan menabung. Setelah mencapai target yang di rencanakan, itinerary jadi suatu kewajiban yang harus disusun agar liburan semakin aman dan nyaman, terutama soal dana yang sudah dialokasikan.

Setelah itu, tentukan destinasi yang akan dikunjungi, hal ini dilakukan untuk menghindari rasa bosan saat berlibur.

Agar alokasi dana masih sesuai rencana, tidak semua destinasi harus dikunjungi. Tentukan prioritas destinasi agar tidak kehabisan waktu jika terjadi kendala di tengah perjalanan. 

Menginaplah di dekat destinasi wisata untuk mengurangi tambahan biaya perjalanan atau terbuangnya banyak waktu.

2. Pilih destinasi wisata dan promo akomodasi dari jauh hari

Perencanaan liburan harus dibarengin dengan riset terlebih dahulu. Cari berbagai promo yang sekiranya dapat membantu meringankan dana, salah satu caranya ialah dengan mengunjungi pameran travel, terdapat banyak promo hingga dan ide wisata di tempat tersebut.

Riset juga moda transportasi sejak jauh hari untuk mendapat tiket  harga yang lebih murah, sebaiknya hindari waktu-waktu ramai liburan.

3. Catat dan update keuangan harian selama perjalanan

Saat melakukan liburan pastikan keuangan tetap aman dan terkendali dengan melakukan pencatatan pribadi selama travelling, pencatatan dilakukan secara harian.

Gunakan template catatan di ponsel atau pun buku saku yang mudah dibawa agar catatan pengeluaran dapat terus di-update. Setelah travelling, terus lakukan update pengeluaran harian. Sebab setiap pengeluaran yang dilakukan, sekecil apapun pengeluaran tersebut, sangat penting dan berpengaruh dengan kondisi manajemen keuangan. 

4. Pastikan sudah punya dana darurat dan proteksi

Dana darurat sangat penting dalam manajemen keuangan. Dana darurat merupakan uang khusus disiapkan untuk kondisi darurat.

Dengan adanya dana darurat dapat menutupi dan membayarkan apabila sedang dalam kondisi darurat yang memerlukan biaya. 

Selain dana darurat, pastikan sudah punya proteksi untuk diri sendiri sebelum travelling. Sebab, liburan di tempat baru pastinya memiliki risiko, segala kemungkinan bisa terjadi seperti misalnya terjadi kecelakaan di perjalanan atau sebagai persiapan jika tiba-tiba jatuh sakit ketika sedang travelling. 

Itulah 4 tips agar kondisi keuangan tetap terjaga setelah liburan.

BANTEN
PPDB Banten Tingkat SMA/SMK 2024 Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

PPDB Banten Tingkat SMA/SMK 2024 Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

Kamis, 20 Juni 2024 | 11:30

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Banten 2024 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah resmi dimulai sejak Rabu, 19 Juni 2024.

SPORT
Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Minggu, 16 Juni 2024 | 13:03

Jakarta Electric PLN kembali berhasil mengalahkan juara bertahan Bandung BJB Tandamata dengan skor 3-2 dalam lanjutan putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024 di Gedung Olahraga Ken Arok, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

BANDARA
Bandara Soekarno-Hatta Salurkan Hewan Kurban ke 12 Lokasi di Tangerang

Bandara Soekarno-Hatta Salurkan Hewan Kurban ke 12 Lokasi di Tangerang

Minggu, 16 Juni 2024 | 20:14

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat sekitar wilayah Tangerang, dengan menyalurkan bantuan hewan kurban di momen Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill