Connect With Us

Tempe Mendoan, Gorengan Favorit Jadi Google Doodle

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 29 Oktober 2022 | 07:43

Tempe mendoan sebagai Google Doodle. (Fahrul Dwi Putra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Google Doodle hari ini, Sabtu, 29 Oktober 2022, menampilkan tempe mendoan sebagai temanya.

Makanan hasil fermentasi kedelai yang kaya akan protein bergizi asli Indonesia itu diketahui telah berusia 400 tahun.

Tempe diolah menjadi berbagai olahan seperti salah satunya adalah tempe goreng yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda pada 2021.

Salah satu variasi tempe goreng adalah tempe mendoan seperti yang saat ini menjadi tema Google Doodle, berbeda dengan tempe goreng pada biasanya yang krispi, tempe mendoan lebih lembel namun lebih kaya akan rasa.

Sebagai informaasi, dokumentasi tempe pertama kali dilakukan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814.

Karya Google Doodle tempe mendoan itu diilustrasikan oleh Reza Dwi Setyawan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, untuk merayakan tempe mendoan sebagai salah satu makanan ikonik Indonesia.

Di Tangerang, Tempe Mendoan pun menjadi salah satu makanan yang difavoritkan, banyak usaha kecil dan mikro yang menjual tempe mendoan tersebar mulai dari usaha sampingan di teras rumah sendiri ataupun menyewa tempat di toko-toko retail. 

Bahkan, beberapa kafe pun menyediakan tempe mendoan sebagai salah satu menunya, seperti kafe Rooftop 8 di Jalan Beringin Raya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang dan masih banyak kafe-kafe lainnya.

Tak hanya itu, di Tangerang ada satu wilayah bernama Kampung Tempe yang berada di lingkungan RT 03, RW 02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, sebagian besar warga di lingkungan itu berprofesi sebagai pengrajin tempe sejak 1980-an.

NASIONAL
1.168 Napi Beragama Buddha Dapat Remisi Waisak, 8 Diantaranya Langsung Bebas

1.168 Napi Beragama Buddha Dapat Remisi Waisak, 8 Diantaranya Langsung Bebas

Jumat, 24 Mei 2024 | 13:57

Sebanyak 1.168 narapidana (napi) beragama Buddha mendapat remisi khusus (RK) Hari Raya Waisak dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

PROPERTI
Hadirkan Perumahan Subsidi Berkualitas, MGK Serang Banten Sabet Penghargaan Duo Award 2024

Hadirkan Perumahan Subsidi Berkualitas, MGK Serang Banten Sabet Penghargaan Duo Award 2024

Selasa, 21 Mei 2024 | 22:45

PT Infiniti Triniti Jaya, melalui Perumahan Mulia Gading Kencana (MGK) di Serang, Banten, meraih dua penghargaan properti bergengsi di Indonesia.

BISNIS
Butuh Modal Usaha? Caturnusa Sejahtera Finance Siap Membantu

Butuh Modal Usaha? Caturnusa Sejahtera Finance Siap Membantu

Kamis, 23 Mei 2024 | 22:29

Dalam mengembangkan sebuah bisnis tentunya membutuhkan tambahan modal untuk menjalankan operasional. Untuk menjawab persoalan tersebut banyak pelaku usaha yang mencari pinjaman ke pihak perbankan atau perusahaan pembiayaan.

TANGSEL
Tim SAR Kena 'Prank' Soal Temuan Bocah Tenggelam di Sungai Cisadane

Tim SAR Kena 'Prank' Soal Temuan Bocah Tenggelam di Sungai Cisadane

Jumat, 24 Mei 2024 | 19:57

Bocah 15 tahun berinisial MH, yang tenggelam di Sungai Cisadane, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, pada Kamis 23 Mei 2024, belum ditemukan hingga saat ini, Jumat 24 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill