Connect With Us

Pangdam Jaya & Bupati Zaki Panen Raya Melon di Teluknaga

Mohamad Romli | Sabtu, 9 Mei 2020 | 20:05

Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat panen melon di Kecamatan Teluknaga, Jumat (8/5/2020). (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melaksanakan panen raya hortikultura di Kampung Pangkalan, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Jumat (8/5/2020).

"Panen raya hortikultura buah melon ini sebagai upaya memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, ketahanan pangan nasional harus tetap berjalan," kata Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono.

Eko mengatakan, sudah menjadi komitmen bagi Kodam Jaya untuk mendukung program ketahanan nasional, dengan membuka lahan yang tidak produktif untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.

Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat panen melon di Kecamatan Teluknaga, Jumat (8/5/2020).

Pembukaan lahan tidak produktif menjadi lahan produktif ini dimulai dari bulan Desember 2019, bekerja sama dengan pemilik lahan PT. ASG. Luas tanah yang digarap kurang lebih 300 hektar di Desa Pangkalan, Tegal Angus dan Tanjung Burung.

"Dari luas lahan 300 hektar yang telah digarap kurang lebih 50 hektar yang sudah ditanami melon, labu, sayur bayam, sayur caesim, padi tradisional, rumput gajah dan padi mekanisasi,” ujar Eko

Pangdam menjelaskan bahwa pihak Kodam Jaya hanya ingin mendorong petani untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif dan petani bisa hidup lebih layak, apa lagi saat ini negeri kita sedang dilanda wabah corona.

Pelaksanaan program tersebut, melibatkan personel Babinsa Koramil 01/Teluk Naga, kelompok tani setempat, masyarakat desa setempat dan penyuluh dari BPT Teluk Naga Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang. 

Kegiatan panen hortikultura buah melon ini diharapkan menjadi motivasi bagi petani untuk terus memaksimalkan lahan pertaniannya yang sudah disiapkan oleh Kodam Jaya.

“Harapan kami program ini terus berkesinambungan dan tidak berhenti, sehingga bermanfaat untuk kehidupan kelompok tani yang ada di wilayah Teluknaga Kabupaten Tangerang,” ujarnya

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar yang hadir langsung pada acara tersebut mengucapkan syukur karena di tengah kondisi cuaca dan tantangan sosial ekonomi yang dihadapi saat ini, masih bisa melaksanakan panen raya holtikultura di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Saya ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada segenap jajaran TNI dan semua pihak yang telah membina petani mengolah lahan yang tidak produktif menjadi produkti di wilayah Teluknaga Kabupaten Tangerang," ucap Zaki 

Zaki menambahkan, wilayah utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi di bidang pertanian holtikultura. Pemkab Tangerang, kata dia, terus menggalakan ketahanan pangan yang merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang.

"Mudah-mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.(RMI/HRU)

HIBURAN
Buy 1 Get 1, Simak Cara Dapat Tiket Gratis Film Pemandi Jenazah

Buy 1 Get 1, Simak Cara Dapat Tiket Gratis Film Pemandi Jenazah

Kamis, 22 Februari 2024 | 07:10

Jagat sinema Indonesia kembali kedatangan film horor bertajuk Pemandi Jenazah garapan sutradara Hadrah Daeng Ratu.

TEKNO
OPPO Bakal Hadirkan Perangkat IoT Baru di Tahun 2024

OPPO Bakal Hadirkan Perangkat IoT Baru di Tahun 2024

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:56

Produsen pionir teknologi & inovasi, OPPO, kembali menunjukkan komitmennya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia yang dihadirkan dalam inovasi terdepan perangkat IoT terkini.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

TANGSEL
Anaknya Diduga Jadi Pembully, Vincent Ogah Buka Sosmed Dua Minggu

Anaknya Diduga Jadi Pembully, Vincent Ogah Buka Sosmed Dua Minggu

Jumat, 23 Februari 2024 | 00:16

Presenter dan musisi Vincent Rompies mengaku sudah tidak membuka sosial media selama dua pekan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill